Macron Dilaporkan Minta Undangan KTT BRICS

Rabu, 14 Juni 2023 - 04:09 WIB
loading...
Macron Dilaporkan Minta Undangan KTT BRICS
Presiden Prancis Emmanuel Macron dilaporan meminta undangan KTT BRICS kepada Presiden Afsel. Foto/Foreign Policy
A A A
PARIS - Surat kabar Prancis ,L'Opinion, melaporkan Presiden Emmanuel Macron telah meminta udangan untuk menghadiri KTT BRICS di Pretoria kepada Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa. Ini adalah upaya terbaru yang dilakukan Macron untuk memenangkan hati rekan-rekannya di Afrika setelah upaya sebelumnya gagal.

Menurut laporan L'Opinion, mengutip sumber di istana Elysee, Macron mengemukakan kemungkinan menghadiri KTT BRICS selama panggilan telepon dengan Ramaphosa awal bulan ini.

Menurut salah satu sumber yang “berpengetahuan luas”, Ramaphosa tidak memberikan komitmennya.

"Kehadiran di KTT ini disebutkan selama percakapan antara kedua pemimpin, tetapi Pretoria tidak memberikan indikasi apakah akan memperluas pertemuan ini atau tidak dengan para pemimpin internasional lainnya," kata sumber itu seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (14/6/2023).



Jika Macron menghadiri KTT tersebut, dia akan menjadi pemimpin negara G7 pertama yang melakukannya. Para pemimpin BRICS dan Macron tampaknya memiliki keinginan yang sama untuk merombak tatanan keuangan dan geopolitik global, dengan Macron menjadi tuan rumah konferensi di Paris minggu depan yang bertujuan untuk merombak sistem keuangan agar lebih menguntungkan negara berkembang.

Ramaphosa sendiri akan menghadiri konferensi tersebut, dan pertemuan ramah tamah antara dia dan Macron dapat menjadi panggung bagi presiden Prancis untuk membuat sejarah di Pretoria.

Namun, hubungan Macron dengan negara blok BRICS lainnya – Brasil, Rusia, India, dan China – paling tidak baik, dan Paris telah mengirimkan pesan yang beragam ke negara-negara ini.

Misalnya, Macron telah menyerukan negosiasi perdamaian di Ukraina dan mengajukan dirinya sebagai mediator potensial, namun telah mendukung rencana perdamaian rancangan Ukraina yang ditolak mentah-mentah oleh Rusia, sambil terus mengirim senjata berat ke Kiev.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)