10 Negara dengan Penduduk Berstatus Pengungsi Terbanyak, Nomor 7 Negara Eropa Paling Dermawan

Selasa, 13 Juni 2023 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Namun demikian, memberikan perlindungan kepada sejumlah besar orang dalam beberapa tahun yang singkat merupakan tantangan tersendiri.

Turki menandatangani perjanjian dengan Uni Eropa (UE) pada 2016 yang mencegah pengungsi pindah ke Eropa. Ini memiliki konsekuensi serius bagi para pengungsi yang berhasil mencapai Yunani dan mereka yang tetap tinggal di Turki.


5. Uganda – 3,7%

Uganda menerima 1,8 juta pengungsi selama sepuluh tahun terakhir dan merupakan salah satu penerima pengungsi terbesar di dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Uganda telah memberikan perlindungan kepada orang-orang dari DR Kongo dan Sudan Selatan pada khususnya, tetapi negara tersebut juga telah menerima pengungsi dari Burundi, Somalia, Rwanda dan beberapa negara lainnya.

Uganda menjaid pelopor dalam mengintegrasikan pengungsi dan memberi mereka hak penuh.

6. Sudan – 2,7%

Dengan lebih dari 1,2 juta pengungsi sejak 2012, Sudan adalah negara penerima pengungsi. Sebagian besar melarikan diri dari konflik di negara tetangga Sudan Selatan.

Dalam satu tahun terakhir, negara itu juga menerima pengungsi dari konflik di Ethiopia. Sudan juga merupakan negara transit utama bagi para pengungsi dari Eritrea, Ethiopia, dan Somalia, antara lain, yang mencoba melarikan diri ke Eropa.

7. Swedia – 2,6%

10 Negara dengan Penduduk Berstatus Pengungsi Terbanyak, Nomor 7 Negara Eropa Paling Dermawan

Foto/Reuters

Swedia telah lama memiliki kebijakan pengungsi yang paling dermawan di Eropa dan, tidak seperti banyak negara lain, secara aktif menyambut para pengungsi.

Tetapi masuknya pengungsi dalam jumlah besar ke Eropa pada 2015, di mana banyak negara Eropa tidak mau berbagi tanggung jawab, membuat pemerintah memperkenalkan undang-undang sementara yang membatasi hak-hak pengungsi seminimal mungkin sesuai dengan komitmen negara melalui konvensi internasional.

Meskipun demikian, Swedia masih menerima lebih banyak pengungsi daripada kebanyakan negara Eropa.

8. Malta – 2,5%

10 Negara dengan Penduduk Berstatus Pengungsi Terbanyak, Nomor 7 Negara Eropa Paling Dermawan

Foto/Reuters

Di samping Swedia, Malta merupakan negara Barat yang menerima pengungsi terbanyak dibandingkan dengan populasinya. Negara ini terletak di dekat pantai Afrika Utara dan menerima banyak pengungsi dan migran yang mencoba mencapai Eropa dari Libya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)