Pasukan Khusus Chechnya Teken Kontrak dengan Rusia

Selasa, 13 Juni 2023 - 05:00 WIB
loading...
Pasukan Khusus Chechnya Teken Kontrak dengan Rusia
Pasukan Khusus Chechnya Teken Kontrak dengan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangani kontrak dengan kelompok pasukan khusus Chechnya , Akhmat, sebuah kelompok paramiliter yang melancarkan serangan Kremlin di dekat kota Mariinka, di wilayah Donetsk, timur Ukraina .

Seperti dilaporkan Al Jazeera, pengumuman itu muncul pada Senin (12/6/2023), sehari setelah Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, menolak untuk menandatangani kontrak semacam itu dengan Kementerian Pertahanan Rusia.



Kesepakatan itu adalah bagian dari undang-undang baru Rusia yang bertujuan mengendalikan tentara swasta yang berperang atas nama Moskow di Ukraina. Perintah tersebut mewajibkan semua "unit sukarelawan" untuk menandatangani kontrak paling lambat 1 Juli, membawa mereka di bawah kendali Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu.

Kremlin mengatakan, pejuang sukarela akan menerima manfaat yang sama seperti pasukan reguler jika mereka menyetujui aturan kontrak pertahanan.

“Saya pikir ini adalah hal yang sangat bagus,” kata komandan Akhmat, Apty Alaudinov setelah pemimpin kelompok Ramzan Kadyrov menerima tawaran tersebut.



Dia menambahkan bahwa kelompoknya telah “mempersiapkan dan mengirim puluhan ribu sukarelawan” ke Ukraina dalam 15 bulan terakhir.

Sejauh ini, menurut sebuah laporan oleh Institute for the Study of War (ISW), sebuah think tank yang berbasis di Washington, DC, para pejuang Chechnya telah beroperasi di daerah-daerah di belakang garis depan menyusul keterlibatan mereka dalam pertempuran berdarah di kota-kota Ukraina, termasuk Mariupol, Severodonetsk, dan Lysychanak.

“Namun setelah pertempuran di Belgorod Rusia meningkat awal bulan ini, pasukan Kadyrov kemungkinan besar telah diperintahkan untuk mengambil peran utama dalam pertempuran di Ukraina,” sebut pernyataan ISW.



Selama akhir pekan, Prigozhin mengatakan unitnya "tidak akan menandatangani kontrak apa pun dengan Shoigu". “Shoigu tidak dapat mengontrol formasi militer dengan baik,” kata Prigozhin dalam pesan audio, yang diterbitkan oleh layanan persnya pada hari Sabtu.

Kepala Wagner telah berulang kali mengkritik kementerian pertahanan Rusia, dengan alasan bahwa itu tidak memberikan dukungan yang cukup kepada pasukannya di Ukraina. Sekutu Putin itu sering mengeluarkan omelan video bermulut kotor, di mana dia dengan keras mencemooh kepemimpinan militer Moskow.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)