AS: Rusia Terima Ratusan Drone Iran untuk Menyerang Ukraina

Sabtu, 10 Juni 2023 - 08:51 WIB
loading...
AS: Rusia Terima Ratusan Drone Iran untuk Menyerang Ukraina
AS: Rusia Terima Ratusan Drone Iran untuk Menyerang Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan pada Jumat (9/6/2023), bahwa Rusia tampaknya memperdalam kerja sama pertahanannya dengan Iran dan telah menerima ratusan drone serangan satu arah yang digunakannya untuk menyerang Ukraina .

Mengutip informasi yang baru dideklasifikasi, Gedung Putih mengatakan drone, atau Uncrewed Aerial Vehicles (UAV), dibuat di Iran, dikirim melintasi Laut Kaspia dan kemudian digunakan oleh pasukan Rusia melawan Ukraina.



“Rusia telah menggunakan UAV Iran dalam beberapa pekan terakhir untuk menyerang Kyiv dan meneror penduduk Ukraina, dan kemitraan militer Rusia-Iran tampaknya semakin dalam,” kata juru bicara Gedung Putih John Kirby dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

“Kami juga prihatin bahwa Rusia bekerja sama dengan Iran untuk memproduksi UAV Iran dari dalam Rusia.”

Kirby mengatakan AS memiliki informasi bahwa Rusia menerima bahan dari Iran yang diperlukan untuk membangun pabrik pembuatan drone yang dapat beroperasi penuh awal tahun depan.

“Kami merilis citra satelit dari rencana lokasi pabrik pembuatan UAV ini di Zona Ekonomi Khusus Alabuga Rusia,” katanya.



AS sebelumnya telah memberikan sanksi kepada eksekutif Iran di produsen pertahanan atas pasokan drone ke Rusia. Iran telah mengakui mengirim drone ke Rusia tetapi mengatakan di masa lalu bahwa mereka dikirim sebelum invasi Rusia pada Februari. Moskow membantah pasukannya menggunakan drone Iran di Ukraina.

Dukungan antara Iran dan Rusia mengalir dua arah, kata Kirby, dengan Iran mencari peralatan militer bernilai miliaran dolar dari Rusia termasuk helikopter dan radar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)