Kuba Tepis Laporan China Bangun Pangkalan Mata-mata Rahasia

Jum'at, 09 Juni 2023 - 17:56 WIB
loading...
Kuba Tepis Laporan China Bangun Pangkalan Mata-mata Rahasia
Kuba tepis laporan China bangun pangkalan mata-mata rahasia. Foto/Ilustrasi
A A A
HAVANA - Sebuah laporan di Wall Street Journal menyatakan bahwa China berencana untuk membangun sebuah pangkalan mata-mata di Kuba. Namun klaim itu dibantah oleh pemerintah Kuba .

Adalah Wakil Menteri Luar Negeri Kuba Carlos Fernandez de Cossio yang menolak artikel WSJ.

"Benar-benar bohong dan tidak berdasar," katanya, menyebutnya sebagai isapan jempol Amerika Serikat (AS) yang dimaksudkan untuk membenarkan embargo ekonomi selama puluhan tahun Washington terhadap pulau di Karibia itu.

Dia mengatakan pulau itu menolak semua kehadiran militer asing di Amerika Latin dan Karibia seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (9/6/2023).

Sementara itu seorang juru bicara kedutaan China di Washington menolak berkomentar.

"Kami tidak mengetahui kasus ini dan akibatnya, kami tidak dapat memberikan komentar sekarang," ujarnya.

Bantahan juga disampaikan pihak AS.

“Kami sudah melihat laporannya. Itu tidak akurat,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, kepada kantor berita Reuters tanpa merinci aspek mana dari laporan itu yang tidak benar.



“Kami memiliki keprihatinan nyata tentang hubungan China dengan Kuba, dan kami telah prihatin sejak hari pertama pemerintahan tentang aktivitas China di belahan bumi kita dan di seluruh dunia,” kata Kirby dari Gedung Putih.

Brigadir Jenderal Patrick Ryder, juru bicara departemen pertahanan AS, mengatakan: "Kami tidak mengetahui China dan Kuba mengembangkan stasiun mata-mata jenis baru."

Sebelumnya dalam laporan eksklusuf, surat kabar yang berbasis di New York itu menggambarkan perjanjian rahasia bagi China untuk mendirikan fasilitas penyadapan elektronik di Kuba.

Mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang akrab dengan "intelijen sangat rahasia", artikel itu mengatakan pangkalan yang diusulkan itu akan memungkinkan China untuk melakukan "sinyal intelijen", semacam spionase yang memungkinkannya mencegat email, panggilan telepon, dan data lain dari AS.

Wall Street Journal melaporkan fasilitas itu akan memungkinkan Beijing untuk mengumpulkan komunikasi elektronik dari AS tenggara, yang menampung banyak pangkalan militer AS, serta memantau lalu lintas kapal.

Markas Komando Pusat AS berbasis di Tampa. Fort Liberty, sebelumnya Fort Bragg, pangkalan militer AS terbesar, berada di North Carolina.

Wall Street Journal mengatakan pada prinsipnya kesepakatan telah dicapai dengan Beijing setuju untuk membayar Kuba "beberapa miliar dolar" untuk mendirikan fasilitas tersebut.



Dengan jarak Kuba kira-kira 150 kilometer dari pantai Florida, laporan tersebut mengirimkan riak melalui lingkungan politik AS, terutama di sayap kanan.

“Bulan ini saja, China telah melecehkan dan mengancam jet tempur dan kapal angkatan laut AS. Sekarang, itu menempatkan basis mata-mata di Kuba,” tulis calon presiden dari Partai Republik Nikki Haley di Twitter.

Perwakilan Ohio Jim Jordan menggemakan kemarahannya, menyalahkan Presiden AS Joe Biden dan mengaitkan berita tersebut dengan insiden awal tahun ini yang diidentifikasi intelijen AS sebagai balon mata-mata China yang melintasi wilayah udaranya.

“Pertama, balon mata-mata China. Sekarang, basis mata-mata China. Tidak terjadi di bawah Presiden Trump. Tapi terjadi sekarang di bawah Presiden Biden,” tulisnya.

Kesepakatan yang dilaporkan itu muncul ketika Washington dan Beijing tampaknya mengambil langkah tentatif untuk meredakan ketegangan yang telah meningkat terkait isu-isu mulai dari Taiwan hingga Laut China Selatan, hak asasi manusia, dan dugaan balon mata-mata.

Kehebohan di bulan Februari atas kemunculan balon mata-mata mendorong Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk membatalkan rencana kunjungan ke Beijing dan ada kemungkinan bahwa hal itu sekarang dapat dilakukan dalam beberapa minggu mendatang.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)