Deretan Presiden Rusia dari Masa ke Masa, Mulai Boris Yeltsin hingga Vladimir Putin

Kamis, 08 Juni 2023 - 14:38 WIB
loading...
Deretan Presiden Rusia dari Masa ke Masa, Mulai Boris Yeltsin hingga Vladimir Putin
Vladimir Putin (tengah), menjadi presiden terlama Rusia di antara dua pemimpin lainnya, Boris Yeltsin dan Dmitry Medvedev. Foto/Kremlin via REUTERS
A A A
JAKARTA - Deretan Presiden Rusia dari masa ke masa akan dibahas dalam artikel ini. Diketahui bahwa pemerintahan Rusia dimulai sejak bubarnya Uni Soviet atau tepatnya pada 26 Desember 1991.

Sejak awal pembentukan Federasi Rusia dan diakui oleh masyarakat internasional, negara tersebut telah dipimpin oleh sejumlah tokoh politik sebagai presidennya. Salah satu di antaranya telah memimpin selama hampir 20 tahun.


Deretan Presiden Rusia dari Masa ke Masa

1. Boris Yeltsin (1991-1999)


Boris Yeltsin merupakan presiden pertama Rusia yang menjabat tahun 1991 hingga 1999. Dia menjadi presiden melalui Partai Komunis Uni Soviet yang diikutinya dimulai tahun 1961 sampai 1999.



Selama kurang dari sembilan tahun menjabat sebagai presiden, Boris dikenal sebagai pemimpin yang mempunyai ideologis sama dengan liberalisme dan nasionalisme Rusia.

Meski begitu, Boris mempunyai kebijakan ekonomi yang dinilai gagal lantaran dirinya melakukan nilai tukar pasar rubel, privatisasi nasional hingga pencabutan kontrol harga. Akibatnya dia dinilai korup oleh para kritikus dan membuat inflasi di negaranya melambung.

2. Vladimir Putin (2000-2008)


Usai Boris Yeltsin lengser, presiden terpilih selanjutnya adalah Vladimir Vladimirovich Putin atau yang dikenal Vladimir Putin. Dia menjabat sebagai presiden pada tahun 2000 hingga 2008.

Namun sebelum menjabat selama delapan tahun sebagai presiden, dia lebih dulu mengemban amanat sebagai sebagai Perdana Menteri Rusia pada 1999 hingga 2000.

Saat menjadi Presiden Rusia periode ini, Putin dinilai telah mengembalikan marwah Uni Soviet yang lebih baik dibanding dengan presiden sebelumnya. Putin bisa mengembalikan pemilu yang kompetitif, pers bebas yang dinamis, parlemen yang majemuk hingga masyarakat sipil yang berkembang.


3. Dmitry Medvedev (2008-2012)


Dmitry Medvedev secara konstitusi resmi menjadi Presiden Rusia usai mengalahkan Putin dalam pemilu tahun 2008. Hal tersebut bisa terjadi lantaran dirinya dianggap lebih liberal jika dibanding dengan presiden sebelumnya itu.

Selama menjadi presiden, program utama Medvedev yaitu menjadikan masyarakat Rusia adalah masyarakat yang modern, baik dari segi ekonomi maupun pola hidup masyarakatnya sendiri. Selain itu, dia juga berupaya agar rakyatnya tidak selalu hidup dengan bergantung pada minyak dan gas.


4. Vladimir Putin (2012-Sekarang)


Nama Vladimir Putin kembali tampil menjadi presiden terpilih Rusia menggantikan Dmitry Medvedev sejak tahun 2012 silam. Era kepemimpinan Putin pada tahap dua ini banyak mengubah sistem pemerintahan hingga perkembangan masyarakat Rusia.

Putin telah berhasil membawa Rusia dari demokrasi yang tidak sempurna menjadi otoritarianisme yang sempurna dan menjadi salah satu tokoh yang paling dihormati dalam urusan internasional.

Meski begitu, banyak masalah dan kesalahan baik di bidang politik maupun ekonomi Rusia. Terlebih saat ini Rusia di bawah kepemimpinan Putin tengah menjadi sorotan dunia usai menginvasi negara tetangganya, yakni Ukraina.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)