Ada Opsi 41 Jet Tempur F/A-18 Hornet Australia Dikirim ke Ukraina

Rabu, 07 Juni 2023 - 02:02 WIB
loading...
A A A
Setelah penolakan awal terhadap permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk pesawat tempur bekas Amerika, Presiden AS Joe Biden pada KTT G7 di Jepang dua minggu lalu memberikan lampu hijau kepada sekutu Barat untuk memasok Kyiv dengan pesawat tempur generasi keempat seperti Hornet dan F-16--yang tidak dioperasikan oleh RAAF.

Para ahli mengatakan ada beberapa alasan mengapa jet tempur Hornet Australia akan membantu membuat perbedaan.

Salah satunya, jet tempur Hornet akan memainkan peran penting dalam membela warga sipil Ukraina. Sistem pertahanan udara Barat seperti Patriot melakukan pekerjaan yang efektif menghentikan pengeboman malam terburuk Rusia di kota-kota besar, tetapi masih ada celah, dengan lebih sedikit area yang tidak memiliki sistem tersebut.

Jet tempur Hornet yang beterbangan dapat digunakan untuk mencegat dan menembak jatuh rudal musuh.

Dengan mesin kembar mereka, jet tempur Hornet memiliki peluang bertahan hidup yang jauh lebih besar jika rusak. Seorang pilot dapat mendarat dengan satu mesin, dan Ukraina tidak akan kehilangan pilot. Jet tempur Hornet juga lebih cocok daripada jet generasi keempat lainnya untuk lapangan udara Ukraina yang lebih kasar.

Akan menjadi pandangan buruk bagi Australia jika tidak siap untuk melepaskan pesawat yang menua pada saat yang sama Amerika bersiap untuk berbagi permata mahkota militer mereka, yakni kapal selam bertenaga nuklir, dengan Australia.

Untuk mencegah risiko eskalasi, Australia dan Amerika dapat menjelaskan bahwa jet tempur Hornet hanya dapat terbang di dalam wilayah udara Ukraina, memperingatkan jika mereka digunakan untuk mengebom wilayah Rusia, sekutu akan berhenti memelihara pesawat, yang secara efektif menghentikan mereka.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)