Sekjen NATO: Rusia Hancurkan Perdamaian di Eropa

Selasa, 06 Juni 2023 - 22:33 WIB
loading...
Sekjen NATO: Rusia Hancurkan Perdamaian di Eropa
Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg. Foto/Sky News
A A A
BRATISLAVA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO , Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa perang agresi Presiden Rusia Vladimir Putin yang tidak beralasan terhadap Ukraina telah mengubah lingkungan keamanan untuk jangka panjang.

Berbicara pada KTT Bucharest Nine di Bratislava, dia menyoroti bahwa “Rusia telah menghancurkan perdamaian di Eropa.”

“Penghancuran bendungan Kakhovka hari ini membahayakan ribuan warga sipil dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Ini adalah tindakan keterlaluan yang sekali lagi menunjukkan kebrutalan perang Rusia di Ukraina,” katanya.

“Keputusan yang kami ambil pada KTT NATO di Vilnius Juli ini akan sangat signifikan. Kami akan memperkuat dukungan kami untuk Ukraina dengan paket bantuan multi-tahun untuk membantu transisi dari era Soviet ke standar NATO dan membawa Ukraina lebih dekat ke NATO. Semua sekutu setuju bahwa pintu NATO tetap terbuka, bahwa Ukraina akan menjadi anggota aliansi dan Rusia tidak memiliki hak veto,” tambahnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (6/6/2023).



Bucharest Nine adalah kelompok sekutu sayap Timur NATO. Kelompok ini terdiri dari Bulgaria, Republik Ceko, Estonia, Hungaria, Latvia, Lituania, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Sekutu Barat Ukraina, termasuk aliansi militer transatlantik, tetap menjadi pendukung utama Kiev selama konflik dengan menyumbangkan bantuan militer atau menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Sebuah ledakan telah menghancurkan bendungan Nova Kakhovka yang berada di Kherson, wilayah yang dikuasai Rusia, bagian selatan Ukraina. Ukraina dan Rusia pun terlibat saling tuding terkait siapa yang bertanggung jawab atas insiden itu.

Sebuah video yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan serangkaian ledakan hebat di sekitar bendungan Kakhovka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)