10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Selasa, 06 Juni 2023 - 14:10 WIB
loading...
A A A
Rupanya, pangkalan Yamantau pertama kali dibangun pada 1970-an atau 1980-an di bawah pemerintahan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev. Itu hanya setengah cerita seputar Gunung Yamantau. Pemerintah Rusia telah mengakui keberadaan fasilitas tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Gunung Yamantau adalah tempat di mana pejabat politik Rusia dan pemimpin pemerintah dapat bersembunyi selama kiamat nuklir di masa depan. Apakah salah satu dari klaim itu benar atau tidak, ada hal lain yang tidak begitu- situs rahasia di sebelahnya yang juga menarik perhatian: kota kecil Mezhgorye. Pos kecil itu secara resmi menampung lebih dari 17.000 orang, menurut sensus terbaru Rusia. Tapi itu tidak ada di peta resmi Rusia, dan kota itu benar-benar dikunci dari orang luar. Orang asing tidak diizinkan mengunjunginya atau melihat tempat itu sendiri.

4. Celah Pinus


Pine Gap atau Celah Pinus merupakan salah satu pangkalan militer "rahasia" paling tidak rahasia di dunia. Fasilitas ini terletak di tengah pedalaman Australia. Di sana, bermil-mil jauhnya dari apa pun yang menyerupai peradaban apa pun, orang Australia dan teman Amerika mereka telah mengembangkan usaha militer bersama.

Pangkalan gabungan pertama kali digunakan pada 1960-an. Saat ini, pangkalan tersebut memiliki nama resmi yang sangat tidak jelas: Fasilitas Penelitian Ruang Angkasa Pertahanan Gabungan. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini dilaporkan berhasil di ranah kedirgantaraan.

Dan seperti Area 51 dan pangkalan Amerika lainnya, Pine Gap menemukan keberhasilannya karena terletak jauh di padang pasir dan jauh dari mata yang berpotensi mengintip yang mungkin ingin mempelajari lebih lanjut. Ketika pertama kali digunakan, pekerja Pine Gap adalah dilaporkan bertugas melacak rudal Soviet dan pesawat mata-mata.

Pakar pertahanan dan orang dalam militer menyarankan pekerja intelijen di sana masih memantau sejumlah satelit mata-mata yang ditempatkan di seluruh dunia. Faktanya, pangkalan itu sangat rahasia bahkan mantan Perdana Menteri Australia pun tidak diberi tahu tentang apa yang terjadi di sana

3. Raven Rock (Situs R)


Kompleks Raven Rock Mountain merupakan salah satu rahasia militer yang paling dijaga ketat oleh pemerintah federal. Lokasi, yang juga dikenal sebagai Situs R, adalah rumah bagi bunker bawah tanah yang terletak jauh di bawah permukaan di pedesaan Pennsylvania selatan.

Pangkalan rahasia terkenal itu seharusnya ada di sana ketika kiamat nuklir terjadi. Jika bom nuklir mulai dijatuhkan, para pemimpin militer AS seharusnya menuju ke pangkalan itu. Di sana, mereka secara teoritis akan dapat mengendalikan upaya perang dari keamanan situs bawah tanah. Bahkan ketika tanah di atas mereka dilenyapkan oleh ledakan nuklir dan kejatuhan berikutnya, menurut ceritanya, para pemimpin militer dapat melakukan hal yang biasa jauh di dalam bumi.


2. Porton Down

10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Foto/Reuters

Militer Inggris memiliki "Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan". Pakar militer lebih mengenalnya sebagai Porton Down. Pertama kali dibentuk lebih dari seabad yang lalu, pada 1916, Porton Down adalah tempat Inggris menguji senjata kimia pertama mereka.

Di lokasi tersebut berkembang cukup pesat sejak awal Perang Dunia I yang primitif, tentu saja. Namun Porton Down tetap menjadi situs yang memiliki kepentingan publik yang cukup besar hingga abad ke-21. Saat ini, pejabat militer dan pakar penelitian di Porton Down tidak lagi hanya mempelajari senjata kimia. Mereka juga menyelidiki penelitian dan eksperimen penyakit menular dengan super-virus. Itu berarti ebola, antraks, agen saraf yang mematikan, dan banyak molekul dan penyakit menakutkan lainnya terlacak di sana.

Secara resmi, pemerintah Inggris suka mengklaim sebaliknya. Sikap publik mereka adalah bahwa tidak ada penelitian senjata kimia atau biologi yang dilakukan di Porton Down sejak pertengahan 1950-an. Namun, warga sipil di seluruh negeri telah skeptis terhadap klaim itu selama beberapa dekade.

1. HAARP

Gurun yang luas di barat daya Amerika bukanlah satu-satunya tempat pedesaan di mana AS suka mendirikan fasilitas penelitian militer. Jauh di utara, di pedesaan Alaska, FBI menjalankan situs yang disebut Program Frekuensi Auroral Aktif Frekuensi Tinggi. Dunia malah mengenal pos terdepan militer sebagai HAARP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)