10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Selasa, 06 Juni 2023 - 14:10 WIB
loading...
10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia
Laut China Selatan menjadi proyek militer rahasia yang dikembangkan China. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kekuatan militer besar seperti Amerika Serikat, China, dan Rusia memiliki fungsi ganda di zaman sekarang, Mereka menunjukkan kekuatan mereka dengan bukti persenjataan prajurit. Tapi, dibalik itu mereka memiliki tabir kerahasiaan untuk mengumpulkan intelijen dan mengembangkan teknologi baru.

Dunia semakin "kecil" di era modern. Kenapa? Sejauh kemampuan publik untuk mengamati peristiwa di seluruh dunia, jadi sepertinya tidak ada lagi tempat untuk proyek intelijen militer bersembunyi.

Misalnya, Area 51. Pemerintah mungkin baru mengakui keberadaannya beberapa tahun lalu. Namun, jutaan orang di seluruh dunia mengetahui semua tentang itu jauh sebelum itu. Dan kemudian ada waktu Will Smith dan Bill Pullman menggunakannya untuk melawan alien.

Melansir Live Verse, banyak instalasi militer “rahasia” dan pangkalan militer seperti itu sebenarnya tidak begitu rahasia. Pemerintah dapat menyangkal keberadaan mereka atau mengaburkan laporan tentang apa yang terjadi di lokasi tersebut.

Dan meskipun pasti ada operasi rahasia yang tidak akan pernah kita ketahui, citra satelit dari Google Maps dan teknologi baru lainnya mempersulit untuk menyembunyikan semuanya secara langsung.

Berikut adalah 10 situs rahasia militer yang sebenarnya sudah tidak lagi berstatus rahasia lagi karena sudah diketahui publik.

10. Area 6

Area 51 merupakan nama besar yang sudah diketahui dunia. Tapi hanya beberapa mil timur laut dari pangkalan yang tidak terlalu rahasia di gurun Nevada itu adalah Area 6. Dan jauh lebih sedikit orang yang tahu apa yang terjadi di sana. Pangkalan yang lebih kecil di Area 6 memiliki landasan pacu yang panjang dan misterius serta beberapa hanggar raksasa.

Selama bertahun-tahun, pemerintah Amerika Serikat (AS) menolak keras wartawan dan jurnalis yang bertanya tentang situs tersebut. Namun media terhenti ketika Area 6 disebutkan dalam laporan pemerintah 2008 tentang limbah nuklir di sekitar Gunung Yucca di dekatnya.

Laporan setebal 7.500 halaman itu secara samar mengklaim Area 6 adalah "fasilitas operasi udara". Dokumen resmi melanjutkan untuk menambahkan lebih banyak. “Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk membangun, mengoperasikan, dan menguji berbagai kendaraan udara tak berawak,” tulis pejabat pemerintah tentang situs militer kecil tersebut. Para ahli mengatakan bahwa hal itu mungkin menunjuk pada satu hal: pengujian drone.

9. Instalasi Laut Cina Selatan

10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Foto/Reuters

Selama bertahun-tahun, pemerintah China telah terlibat dalam pembangunan pangkalan yang tidak terlalu rahasia di seluruh Laut China Selatan. Sebagian besar pangkalan terletak di Kepulauan Spratley dan Kepulauan Paracel yang ditempatkan secara strategis.

Ketika pulau saja tidak cukup, China mengeruk lebih banyak tanah dari lautan—sekitar 1.295 hektar. Kemudian, mereka mulai membangun berbagai jenis instalasi militer. Beberapa pangkalan dimaksudkan untuk menampung unit radar. Area lainnya disiapkan sebagai tempat peluncuran rudal. Masih banyak lagi yang digunakan sebagai zona peluncuran helikopter.

Kemudian, yang lebih membingungkan lagi, pemerintah China secara terbuka mengumumkan pada 2016 bahwa mereka sedang membangun pangkalan bawah air baru lebih dari 10.000 kaki (3.048 meter) di bawah permukaan Laut China Selatan. Sementara dunia mungkin tahu tentang keberadaan pangkalan ini, sejauh ini belum ada yang diizinkan untuk mempelajari lebih lanjut. Pertama, setiap pesawat asing yang terbang dalam jarak bermil-mil dari pangkalan yang baru dibangun diperintahkan untuk segera meninggalkan wilayah udara. Karena itu, spekulasi menjadi liar tentang untuk apa instalasi militer itu.

8. Pangkalan Udara Kapustin


AS bukan satu-satunya negara dengan basis bergaya Area 51. Di Rusia, versi mereka tentang pangkalan udara gurun yang tidak terlalu rahasia adalah pos terdepan Siberia yang disebut Kapustin Yar.

Pemerintah Rusia bahkan tidak mengakui Kapustin benar-benar ada sampai tahun 1983. Intelijen AS dan citra pengintaian menentukan bahwa pangkalan tersebut telah dibangun beberapa dekade sebelumnya.

Lalu mengapa begitu rahasia? Selain itu, sistem radar darat dan pelacakan satelit secara kolektif menunjukkan pangkalan itu secara teratur digunakan untuk peluncuran roket dan pengujian senjata nuklir tingkat rendah. Saat ini, agen intelijen AS percaya bahwa sebagian besar Kapustin sebenarnya berada jauh di bawah tanah.

Tidak ada yang bahkan cukup yakin seberapa luas fasilitas bawah tanah dibandingkan dengan apa yang dapat dilihat dari luar angkasa. Jadi, pada titik ini, ada dua hal yang pasti: pertama, pangkalan yang tidak terlalu rahasia pasti ada dan digunakan saat ini, terlepas dari apa yang mungkin dikatakan orang Rusia. Dan kedua, ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban yang tersedia di luar Rusia saat ini.

7. Dulce


Belum pernah mendengar tentang Dulce sebelumnya? Kamu tidak sendiri. Ini bukan pangkalan militer AS. Pos terdepan yang aneh dan rahasia di luar kota kecil New Mexico ini dianggap sebagai pusat utama studi luar angkasa. Kota ini hanya memiliki sekitar 2.700 orang di dalamnya.

Ini sangat kecil sehingga pemukiman kecil itu bahkan tidak memiliki lampu lalu lintas. Tetapi selama hampir lima dekade sekarang, penduduk setempat telah membunyikan alarm tentang beberapa kejadian aneh yang terjadi di sekitar area tersebut.

pemerintah AS tidak akan mengatakan apa pun tentang dugaan aktivitas mereka di sana. Meskipun penduduk setempat bersumpah hal-hal aneh telah terjadi di sekitar kota selama beberapa dekade, FBI mengklaim bahwa mereka tidak memiliki basis, dan tidak ada pekerjaan rahasia pemerintah yang dilakukan.


6. Dugway Proving Ground


Beberapa orang mengatakan Dugway Proving Ground ditakdirkan untuk menjadi Area 51 "berikutnya". Mencakup lebih dari 243.800 hektar di salah satu bagian paling pedesaan di gurun Utah, Dugway seukuran Rhode Island, AS. Namun hanya sedikit orang yang diizinkan di sana. Tanah itu pertama kali diserahkan kepada kepentingan militer federal pada 1942. Selama Perang Dunia II dan bertahun-tahun sesudahnya, Dugway digunakan untuk menguji dan mengembangkan senjata biologi dan kimia.

Sekarang, secara resmi, Proving Ground memiliki penggunaan yang sangat mirip dengan misi aslinya. Itu dimaksudkan untuk menguji senjata kimia dan metode perang biologis dan "mengembangkan tindakan pencegahan terhadapnya."

Angkatan Darat AS dan Garda Nasional menggunakan Proving Ground sebagai tempat pelatihan. Dan Angkatan Udara A.S. telah lama menggunakan wilayahnya yang luas untuk menjalankan uji terbang dan juga pelatihan udara rahasia.

Desas-desus ini menjadi sangat keras dalam beberapa tahun terakhir sehingga pada 2018, pemerintah federal membuka pintu ke Dugway dan mengizinkan beberapa anggota media untuk melakukan tur. Tentu saja, "pengungkapan" itu dikontrol dengan ketat dan sangat dibatasi—dan media hanya dapat melihat apa yang ingin dilihat oleh FBI. Dengan begitu banyak ruang gurun terbuka dan sebagainya

5. Gunung Yamantau


Sama seperti Kapustin Yar, ada jauh lebih banyak rahasia ke Gunung Yamantau daripada jawaban yang tersedia. Pangkalan itu terkubur jauh di kedalaman terdalam Pegunungan Ural Rusia.

Pemerintah AS yakin pangkalan itu adalah pangkalan senjata nuklir dan jarak jauh Rusia yang sangat rahasia. Mereka menganggapnya secara kasar analog dengan fasilitas NORAD Gunung Cheyenne AS. Kesaksian saksi mata puluhan tahun dari penduduk setempat sepanjang tahun 1990-an menawarkan beberapa kesepakatan dengan teori itu.

Rupanya, pangkalan Yamantau pertama kali dibangun pada 1970-an atau 1980-an di bawah pemerintahan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev. Itu hanya setengah cerita seputar Gunung Yamantau. Pemerintah Rusia telah mengakui keberadaan fasilitas tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Gunung Yamantau adalah tempat di mana pejabat politik Rusia dan pemimpin pemerintah dapat bersembunyi selama kiamat nuklir di masa depan. Apakah salah satu dari klaim itu benar atau tidak, ada hal lain yang tidak begitu- situs rahasia di sebelahnya yang juga menarik perhatian: kota kecil Mezhgorye. Pos kecil itu secara resmi menampung lebih dari 17.000 orang, menurut sensus terbaru Rusia. Tapi itu tidak ada di peta resmi Rusia, dan kota itu benar-benar dikunci dari orang luar. Orang asing tidak diizinkan mengunjunginya atau melihat tempat itu sendiri.

4. Celah Pinus


Pine Gap atau Celah Pinus merupakan salah satu pangkalan militer "rahasia" paling tidak rahasia di dunia. Fasilitas ini terletak di tengah pedalaman Australia. Di sana, bermil-mil jauhnya dari apa pun yang menyerupai peradaban apa pun, orang Australia dan teman Amerika mereka telah mengembangkan usaha militer bersama.

Pangkalan gabungan pertama kali digunakan pada 1960-an. Saat ini, pangkalan tersebut memiliki nama resmi yang sangat tidak jelas: Fasilitas Penelitian Ruang Angkasa Pertahanan Gabungan. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini dilaporkan berhasil di ranah kedirgantaraan.

Dan seperti Area 51 dan pangkalan Amerika lainnya, Pine Gap menemukan keberhasilannya karena terletak jauh di padang pasir dan jauh dari mata yang berpotensi mengintip yang mungkin ingin mempelajari lebih lanjut. Ketika pertama kali digunakan, pekerja Pine Gap adalah dilaporkan bertugas melacak rudal Soviet dan pesawat mata-mata.

Pakar pertahanan dan orang dalam militer menyarankan pekerja intelijen di sana masih memantau sejumlah satelit mata-mata yang ditempatkan di seluruh dunia. Faktanya, pangkalan itu sangat rahasia bahkan mantan Perdana Menteri Australia pun tidak diberi tahu tentang apa yang terjadi di sana

3. Raven Rock (Situs R)


Kompleks Raven Rock Mountain merupakan salah satu rahasia militer yang paling dijaga ketat oleh pemerintah federal. Lokasi, yang juga dikenal sebagai Situs R, adalah rumah bagi bunker bawah tanah yang terletak jauh di bawah permukaan di pedesaan Pennsylvania selatan.

Pangkalan rahasia terkenal itu seharusnya ada di sana ketika kiamat nuklir terjadi. Jika bom nuklir mulai dijatuhkan, para pemimpin militer AS seharusnya menuju ke pangkalan itu. Di sana, mereka secara teoritis akan dapat mengendalikan upaya perang dari keamanan situs bawah tanah. Bahkan ketika tanah di atas mereka dilenyapkan oleh ledakan nuklir dan kejatuhan berikutnya, menurut ceritanya, para pemimpin militer dapat melakukan hal yang biasa jauh di dalam bumi.


2. Porton Down

10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Foto/Reuters

Militer Inggris memiliki "Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan". Pakar militer lebih mengenalnya sebagai Porton Down. Pertama kali dibentuk lebih dari seabad yang lalu, pada 1916, Porton Down adalah tempat Inggris menguji senjata kimia pertama mereka.

Di lokasi tersebut berkembang cukup pesat sejak awal Perang Dunia I yang primitif, tentu saja. Namun Porton Down tetap menjadi situs yang memiliki kepentingan publik yang cukup besar hingga abad ke-21. Saat ini, pejabat militer dan pakar penelitian di Porton Down tidak lagi hanya mempelajari senjata kimia. Mereka juga menyelidiki penelitian dan eksperimen penyakit menular dengan super-virus. Itu berarti ebola, antraks, agen saraf yang mematikan, dan banyak molekul dan penyakit menakutkan lainnya terlacak di sana.

Secara resmi, pemerintah Inggris suka mengklaim sebaliknya. Sikap publik mereka adalah bahwa tidak ada penelitian senjata kimia atau biologi yang dilakukan di Porton Down sejak pertengahan 1950-an. Namun, warga sipil di seluruh negeri telah skeptis terhadap klaim itu selama beberapa dekade.

1. HAARP

Gurun yang luas di barat daya Amerika bukanlah satu-satunya tempat pedesaan di mana AS suka mendirikan fasilitas penelitian militer. Jauh di utara, di pedesaan Alaska, FBI menjalankan situs yang disebut Program Frekuensi Auroral Aktif Frekuensi Tinggi. Dunia malah mengenal pos terdepan militer sebagai HAARP.

Selama bertahun-tahun, HAARP merupakan pangkalan militer yang dikelola bersama yang diawasi oleh Angkatan Udara, Angkatan Laut, Universitas Alaska di Fairbanks, dan Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan, atau DARPA. Pada saat paling banyak digunakan, HAARP konon dimaksudkan untuk mempelajari metode komunikasi dan cara potensial untuk meningkatkan pengawasan menggunakan teknologi ionosfer.

Secara resmi, HAARP ditutup oleh pemerintah federal pada tahun 2014. Secara tidak resmi, para skeptis percaya bahwa pangkalan tersebut masih digunakan dan masih menimbulkan malapetaka bagi jiwa-jiwa yang malang di seluruh dunia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)