10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Selasa, 06 Juni 2023 - 14:10 WIB
loading...
10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia
Laut China Selatan menjadi proyek militer rahasia yang dikembangkan China. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kekuatan militer besar seperti Amerika Serikat, China, dan Rusia memiliki fungsi ganda di zaman sekarang, Mereka menunjukkan kekuatan mereka dengan bukti persenjataan prajurit. Tapi, dibalik itu mereka memiliki tabir kerahasiaan untuk mengumpulkan intelijen dan mengembangkan teknologi baru.

Dunia semakin "kecil" di era modern. Kenapa? Sejauh kemampuan publik untuk mengamati peristiwa di seluruh dunia, jadi sepertinya tidak ada lagi tempat untuk proyek intelijen militer bersembunyi.

Misalnya, Area 51. Pemerintah mungkin baru mengakui keberadaannya beberapa tahun lalu. Namun, jutaan orang di seluruh dunia mengetahui semua tentang itu jauh sebelum itu. Dan kemudian ada waktu Will Smith dan Bill Pullman menggunakannya untuk melawan alien.

Melansir Live Verse, banyak instalasi militer “rahasia” dan pangkalan militer seperti itu sebenarnya tidak begitu rahasia. Pemerintah dapat menyangkal keberadaan mereka atau mengaburkan laporan tentang apa yang terjadi di lokasi tersebut.

Dan meskipun pasti ada operasi rahasia yang tidak akan pernah kita ketahui, citra satelit dari Google Maps dan teknologi baru lainnya mempersulit untuk menyembunyikan semuanya secara langsung.

Berikut adalah 10 situs rahasia militer yang sebenarnya sudah tidak lagi berstatus rahasia lagi karena sudah diketahui publik.

10. Area 6

Area 51 merupakan nama besar yang sudah diketahui dunia. Tapi hanya beberapa mil timur laut dari pangkalan yang tidak terlalu rahasia di gurun Nevada itu adalah Area 6. Dan jauh lebih sedikit orang yang tahu apa yang terjadi di sana. Pangkalan yang lebih kecil di Area 6 memiliki landasan pacu yang panjang dan misterius serta beberapa hanggar raksasa.

Selama bertahun-tahun, pemerintah Amerika Serikat (AS) menolak keras wartawan dan jurnalis yang bertanya tentang situs tersebut. Namun media terhenti ketika Area 6 disebutkan dalam laporan pemerintah 2008 tentang limbah nuklir di sekitar Gunung Yucca di dekatnya.

Laporan setebal 7.500 halaman itu secara samar mengklaim Area 6 adalah "fasilitas operasi udara". Dokumen resmi melanjutkan untuk menambahkan lebih banyak. “Tujuan dari fasilitas ini adalah untuk membangun, mengoperasikan, dan menguji berbagai kendaraan udara tak berawak,” tulis pejabat pemerintah tentang situs militer kecil tersebut. Para ahli mengatakan bahwa hal itu mungkin menunjuk pada satu hal: pengujian drone.

9. Instalasi Laut Cina Selatan

10 Instalasi Militer Rahasia, Nomor 9 Paling Dekat dengan Indonesia

Foto/Reuters

Selama bertahun-tahun, pemerintah China telah terlibat dalam pembangunan pangkalan yang tidak terlalu rahasia di seluruh Laut China Selatan. Sebagian besar pangkalan terletak di Kepulauan Spratley dan Kepulauan Paracel yang ditempatkan secara strategis.

Ketika pulau saja tidak cukup, China mengeruk lebih banyak tanah dari lautan—sekitar 1.295 hektar. Kemudian, mereka mulai membangun berbagai jenis instalasi militer. Beberapa pangkalan dimaksudkan untuk menampung unit radar. Area lainnya disiapkan sebagai tempat peluncuran rudal. Masih banyak lagi yang digunakan sebagai zona peluncuran helikopter.

Kemudian, yang lebih membingungkan lagi, pemerintah China secara terbuka mengumumkan pada 2016 bahwa mereka sedang membangun pangkalan bawah air baru lebih dari 10.000 kaki (3.048 meter) di bawah permukaan Laut China Selatan. Sementara dunia mungkin tahu tentang keberadaan pangkalan ini, sejauh ini belum ada yang diizinkan untuk mempelajari lebih lanjut. Pertama, setiap pesawat asing yang terbang dalam jarak bermil-mil dari pangkalan yang baru dibangun diperintahkan untuk segera meninggalkan wilayah udara. Karena itu, spekulasi menjadi liar tentang untuk apa instalasi militer itu.

8. Pangkalan Udara Kapustin


AS bukan satu-satunya negara dengan basis bergaya Area 51. Di Rusia, versi mereka tentang pangkalan udara gurun yang tidak terlalu rahasia adalah pos terdepan Siberia yang disebut Kapustin Yar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2361 seconds (0.1#10.140)