6 Kebijakan Kontroversial Pangeran Mohammed Bin Salman yang Buat AS Murka

Selasa, 06 Juni 2023 - 10:54 WIB
loading...
A A A
OPEC sebagai Organisasi Negara Pengekspor Minyak didirikan pada 1960 berusaha menaikkan harga minyak sebagai tanggapan atas pembatasan impor AS dan pengaruh besar perusahaan minyak dan gas multinasional. Saat ini, ada 13 negara anggota, dengan Arab Saudi yang paling berpengaruh. Rusia adalah bagian dari kelompok eksportir minyak yang diperluas, OPEC+, yang didirikan pada 2016 sebagai cara untuk menghadapi tantangan baru yang besar terhadap kemampuan OPEC untuk mengendalikan pasar, mulai dari munculnya AS sebagai eksportir utama hingga pertumbuhan energi terbarukan. .

"Bahkan di dalam OPEC+, akan ada beberapa keresahan," kata Dr Neil Quilliam dari thinktank Chatham House, dilansir The Guardian. “Tidak diragukan lagi akan ada kegelisahan di antara negara-negara anggota tentang kekuatan respons AS, bahkan jika para anggota setuju dengan prakiraan pasar yang membuat Arab Saudi memenangkan posisi ini. Kuwait, misalnya, yang terus menjunjung tinggi hubungannya dengan AS, tidak diragukan lagi akan terkesima dengan situasi saat ini," paparnya.

6. Mencoba Menjadi Penyeimbang


Sikap Riyadh terhadap perang di Ukraina memberikan contoh lain dari tindakan penyeimbangan ini. Pada akhir Februari 2023 , Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengunjungi Kyiv dan menawarkan Presiden Volodymyr Zelensky paket bantuan kemanusiaan senilai USD400 juta, yang sangat menyenangkan Washington.

Tak berhenti sampai di situ. Dua minggu kemudian, Pangeran Faisal sama bertemu dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov, di Moskow dan menawarkan mediasi Saudi dalam konflik tersebut.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)