10 Negara Terbaik dengan Keseimbangan Kehidupan-Kerja, Nomor 2 dan 9 dari Timur Tengah

Senin, 05 Juni 2023 - 11:58 WIB
loading...
10 Negara Terbaik dengan Keseimbangan Kehidupan-Kerja, Nomor 2 dan 9 dari Timur Tengah
Keseimbangan kehidupan-kerja menjadi idaman bagi semua pegawai. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Keseimbangan kehidupan-kerja atau work-life balance menjadi impian bagi banyak pegawai di seluruh dunia. Umumnya, negara yang memperhatikan hal tersebut berada di Eropa. Tapi, ada juga negara di Timur Tengah yang menjadi perhatian dunia karena menerapkan work-life balance yang baik.

Menariknya, para ekspatriat kerap menjadikan keseimbangan kerja dan kehidupan jadi barometer memilih negara yang menjadi tujuan untuk bekerja.

Di sebagian besar negara dengan keseimbangan kehidupan kerja yang baik, ekspatriat juga mengungkapkan kepuasan di atas rata-rata dengan kehidupan mereka di luar negeri — misalnya di Selandia Baru (89%), Kosta Rika (88%), dan Republik Ceko (87%). Menariknya, kepuasan yang tinggi terhadap keseimbangan kehidupan kerja tidak berarti bahwa ekspatriat tidak banyak bekerja, itu terungkap berdasarkan surveiExpat Insider.

Berikut adalah 10 negara terbaik dalam keseimbangan kehidupan kerja.

1. Denmark

10 Negara Terbaik dengan Keseimbangan Kehidupan-Kerja, Nomor 2 dan 9 dari Timur Tengah

Foto/Reuters

Dengan hanya 39,7 jam per minggu (vs. 44,3 jam secara global), ekspatriat yang bekerja penuh waktu di Denmark memiliki minggu kerja terpendek .

Mungkin manfaat itulah yang menarik ekspatriat berpendidikan tinggi: hampir separuh responden di Denmark (47%) memiliki gelar master atau serupa. Selain itu, dua belas persen memegang gelar PhD (vs. 6% secara global), yang — bersama dengan Swedia — pangsa tertinggi dari 10 besar unggulan.

“Saya suka keseimbangan kehidupan kerja, yang tidak saya dapatkan di tempat lain”, seorang ekspatriat dari Indonesia menyatakan, sementara seorang dari Portugal menunjukkan“keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi”sebagai aspek positif kehidupan di Denmark.

Faktanya, lebih dari tiga perempat ekspatriat yang bekerja di Denmark menilai keseimbangan kehidupan kerja mereka secara positif (76%), dibandingkan dengan tiga dari lima secara global (60%). Meskipun demikian, kepuasan kerja mereka secara keseluruhan (62%) berada tepat di bawah rata-rata global (64%).


2.Bahrain

Hampir separuh ekspatriat di Bahrain (46%) menyebutkan alasan terkait pekerjaan untuk pindah ke sana: lebih dari seperempat mendapatkan pekerjaan di sana sendiri (26%), yang lebih dari dua kali rata-rata global (12%). Lainnya direkrut oleh perusahaan lokal (12%), dikirim oleh perusahaannnya (6%), atau ingin memulai bisnis sendiri di luar negeri (1%). Dan sepertinya Bahrain adalah tempat yang baik untuk pindah kerja, seperti yang dijelaskan oleh seorang ekspatriat dari Filipina:“Anda masih dapat menemukan waktu untuk bersantai setelah seharian bekerja.” Faktanya, 69% ekspatriat puas dengan keseimbangan kehidupan kerja mereka, dan 72% ainnya senang dengan jam kerja mereka, meskipun rata-rata minggu kerja hanya sedikit di bawah rata-rata global (42,9 jam vs. 44,3 jam).

3. Norwegia

Ekspatriat di Norwegia sangat puas dengan keseimbangan kehidupan kerja (72%) dan jam kerja mereka (77%). Faktanya, mereka hanya menghabiskan rata-rata 42,9 jam per minggu di tempat kerja, 1,4 jam lebih sedikit daripada ekspatriat dalam pekerjaan penuh waktu di seluruh dunia (44,3 jam).

“Keseimbangan kehidupan kerja sangat penting di sini dan pekerjaan umumnya sangat ramah keluarga”, kata seorang ekspatriat Inggris, dilansir InterNation. Selain itu, dua belas persen ekspatriat di Norwegia memiliki pendapatan kotor rumah tangga tahunan lebih dari USD150.000 — di antara 10 negara teratas yang ditampilkan, hanya bagian Selandia Baru yang lebih tinggi (14%).

4. Republik Ceko

Ekspatriat di Republik Ceko bekerja paling lama dari 10 negara unggulan teratas (44,9 jam), yang bahkan sedikit di atas rata-rata global (44,3 jam). Meskipun demikian, mereka umumnya masih puas dengan jam kerja mereka (76% vs. 61% secara global) serta keseimbangan kehidupan kerja mereka (73% vs. 60% secara global).

“Kondisi kerja saya sangat baik di sini. Majikan saya menawarkan banyak keuntungan, termasuk lebih banyak hari libur dan perawatan kesehatan yang baik”, kata seorang ekspatriat dari Australia. Selain itu, tampaknya mereka sangat puas dengan prospek karier mereka (65% vs. 53% secara global) dan keamanan pekerjaan mereka (74% vs. 57% secara global) — keduanya merupakan yang tertinggi di antara 10 negara teratas dengan keseimbangan kehidupan kerja yang hebat. “Saya menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan saya”, seorang ekspatriat dari Rusia meringkas, dan tiga perempat ekspatriat (75%) setuju dengan menilai kepuasan kerja mereka secara keseluruhan secara positif.

5. Selandia Baru

Dengan sebagian besar ekspatriat pindah ke Selandia Baru untuk kualitas hidup yang lebih baik (26%) dan hanya enam persen yang menyebutkan alasan terkait pekerjaan, jelas bahwa pekerjaan bukanlah prioritas mereka di sana: hanya 73 persen ekspatriat di negara tersebut yang bekerja penuh waktu, yang merupakan pangsa terkecil di antara 10 tujuan teratas dan sepuluh poin persentase lebih rendah dari rata-rata global (83%).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)