Bos Pentagon Peringatkan Perang Taiwan Akan Sangat Menghancurkan

Minggu, 04 Juni 2023 - 03:04 WIB
loading...
A A A
“Kami bekerja sama dengan sekutu kami untuk meningkatkan postur kekuatan kami di wilayah tersebut. Kami membuat kehadiran kami lebih terdistribusi, lebih gesit, dan lebih tangguh,” imbuh dia.

Pemerintahan Biden telah mengadopsi sikap yang semakin bermusuhan terhadap Beijing, berulang kali melabeli China sebagai pesaing utama Amerika sambil memperluas aktivitas militer AS di wilayah tersebut.

Selain kerja sama baru dengan sekutu Asia, Biden telah mengirim kapal perang AS melintasi Selat Taiwan hampir setiap bulan untuk transit “kebebasan navigasi” sejak menjabat pada tahun 2021, mengabaikan banyak peringatan dari pejabat China.

Di bawah kebijakan "Satu China", Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya, mempertahankan haknya untuk bersatu kembali dengan pulau itu dengan paksa jika perlu.

Meskipun Washington tidak secara resmi mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, AS secara rutin mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan pejabat pulau itu dan telah menyetujui penjualan senjata bernilai miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)