6 Fakta tentang Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah, Pilot Handal yang Suka Main Gitar

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:24 WIB
loading...
6 Fakta tentang Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah, Pilot Handal yang Suka Main Gitar
Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah. Foto/Reuters
A A A
AMMAN - Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah dan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi akan menikah pada 1 Juni 2023. Hussein dikenal sebagai pangeran yang menjadi perhatian dunia.

Lepas dari kontroversi dan ketegangan perebutan takhta di antara anggota keluarga kerajaan, Pangeran Hussein membangun citra positif tentang dirinya.

Berikut 6 fakta tentang putra mahkota Yordania Hussein bin Abdullah.

1. Namanya Seperti Kakeknya

Pangeran berusia 28 tahun, putra tertua Raja Abdullah II dan Ratu Rania, memiliki tiga saudara kandung: Putri Iman, 26, yang menikah dengan pemodal Jameel Alexander Thermiotis pada 12 Maret, Putri Salma, 22, dan Pangeran Hashem, 18.

Putra mahkota dinamai kakeknya, Raja Hussein bin Talal, yang menjadi raja pada tahun 1952 tepat pada usia 17 tahun. Raja Hussein itu memerintah Yordania selama hampir lima dekade hingga kematiannya pada 1999. Nenek dari pihak ayah Hussein adalah Putri Muna Al-Hussein, seorang mualaf Inggris Islam, dan ibunya adalah keturunan Palestina.


2. Seorang Pilot Handal

6 Fakta tentang Putra Mahkota Yordania Hussein bin Abdullah, Pilot Handal yang Suka Main Gitar

Foto/Arabnews

Hussein menyelesaikan sekolah menengahnya pada tahun 2012 di King's Academy di Yordania. Pada 2016, ia lulus dengan gelar sarjana sejarah internasional dari Universitas Georgetown di Washington, D.C.

Seperti banyak anggota laki-laki dari keluarga kerajaan Yordania, termasuk ayah dan kakeknya, sang pangeran menghadiri Akademi Militer Kerajaan Sandhurst yang bergengsi di Inggris, lulus pada tahun 2017.

Hussein berpangkat pangkat kapten di Angkatan Bersenjata Yordania. Dia sering menjadi pengamat latihan militer di negara tersebut. Dia adalah seorang pilot helikopter yang berkualitas; setelah penerbangan solo pertamanya pada 2018, dia disiram dengan seember air dalam perayaan militer tradisional pada kesempatan seperti itu.


3. Sudah Dipersiapkan Jadi Raja Yordania

Hussein sering menemani Raja Abdullah selama kunjungan resmi di Yordania. Dia juga melakukan beberapa perjalanan resmi ke luar negeri. Baru-baru ini, dia menemani raja dan ratu dalam kunjungan ke Jepang pada April lalu.

“Raja telah mempersiapkan sang pangeran selama bertahun-tahun,” Samih Al-Maaytah, mantan menteri informasi Yordania, mengatakan kepada Arab News. “Pangeran menghadiri semua pertemuan penting Yang Mulia raja dengan para pemimpin dunia di PBB, Eropa dan di konferensi internasional dan Arab. Jadi dia dilatih langsung oleh raja,” katanya.

4. Menjadi Aktor Global

Pada April 2015, di usia 20 tahun, Hussein menjadi orang termuda yang memimpin sidang Dewan Keamanan PBB ketika dia memimpin debat terbuka tentang peran pemuda dalam upaya melawan ekstremisme kekerasan dan mempromosikan perdamaian. Alhasil, pada Agustus 2015, Yordania menjadi tuan rumah Forum Global pertama tentang Pemuda, Perdamaian, dan Keamanan, yang menghasilkan Deklarasi Pemuda Amman tentang isu-isu tersebut.

Sang pangeran melakukan debutnya di depan Majelis Umum PBB pada 2017, ketika dia menyampaikan pidato yang mengkritik fokus pada militerisasi di Timur Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)