Tragis! Terjebak Peperangan, Puluhan Bayi dan Anak-anak di Panti Asuhan Khartoum Tewas

Kamis, 01 Juni 2023 - 05:34 WIB
loading...
Tragis! Terjebak Peperangan, Puluhan Bayi dan Anak-anak di Panti Asuhan Khartoum Tewas
Terjebak peperangan, puluhan bayi dan anak-anak di panti asuhan Khartoum tewas. Foto/AP
A A A
KHARTOUM - Setidaknya 60 bayi, balita, dan anak-anak tewas selama enam minggu terakhir saat terjebak dalam kondisi mengerikan di sebuah panti asuhan di ibu kota Sudan saat pertempuran berkecamuk di luar.

Sebagian besar tewas karena kekurangan makanan dan demam. Dua puluh enam meninggal dalam dua hari selama akhir pekan.

Tingkat penderitaan anak-anak terungkap dari wawancara dengan lebih dari selusin dokter, relawan, pejabat kesehatan, dan pekerja di panti asuhan al-Mayqoma.

Associated Press juga meninjau puluhan dokumen, gambar, dan video yang menunjukkan kondisi fasilitas yang memburuk.

Video yang diambil oleh pekerja panti asuhan menunjukkan jenazah anak-anak terbungkus rapat dalam kain putih menunggu untuk dikubur. Dalam rekaman lain, dua lusin balita yang hanya mengenakan popok duduk di lantai sebuah ruangan, banyak dari mereka meratap, saat seorang wanita membawa dua kendi air dari logam. Wanita lain duduk di lantai dengan punggung menghadap kamera, bergoyang-goyang dan tampaknya menggendong seorang anak.

Seorang pekerja panti asuhan kemudian menjelaskan bahwa balita itu dipindahkan ke ruangan besar setelah penembakan di dekatnya menyelimuti bagian lain dari fasilitas itu dengan debu tebal minggu lalu.

“Ini adalah situasi bencana,” Afkar Omar Moustafa, seorang relawan di panti asuhan, mengatakan dalam sebuah wawancara telepon.

“Ini adalah sesuatu yang kami duga sejak hari pertama (pertempuran),” imbuhnya seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (1/6/2023).

Di antara yang tewas adalah bayi berusia tiga bulan, menurut sertifikat kematian serta empat pejabat panti asuhan dan pekerja amal yang sekarang membantu fasilitas tersebut.

Akhir pekan sangat mematikan, dengan 14 anak meninggal pada hari Jumat dan 12 pada hari Sabtu.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran serta kemarahan di media sosial, dan badan amal setempat dapat mengirimkan makanan, obat-obatan, dan susu formula bayi ke panti asuhan pada hari Minggu, dengan bantuan badan anak-anak PBB, UNICEF, dan Komite Palang Merah Internasional.

Pekerja panti asuhan memperingatkan bahwa lebih banyak anak bisa mati, dan menyerukan evakuasi mereka secepatnya dari Khartoum yang dilanda perang.

Pertempuran untuk menguasai Sudan meletus 15 April, antara militer Sudan, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel-Fattah Burhan, melawan paramiliter Pasukan Pendukung Cepat yang dipimpin oleh Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo.



Pertempuran telah mengubah Khartoum dan daerah perkotaan lainnya menjadi medan perang. Banyak rumah dan infrastruktur sipil telah dijarah atau dirusak oleh peluru dan peluru nyasar.

Pertempuran tersebut telah menimbulkan banyak korban pada warga sipil, terutama anak-anak. Menurut Sindikat Dokter Sudan yang melacak korban sipil lebih dari 860 warga sipil, termasuk sedikitnya 190 anak-anak, tewas dan ribuan lainnya terluka sejak 15 April. Penghitungan kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Lebih dari 1,65 juta orang telah melarikan diri ke daerah yang lebih aman di dalam Sudan atau menyeberang ke negara tetangga. Yang lainnya tetap terperangkap di dalam rumah mereka, tidak dapat melarikan diri saat persediaan makanan dan air berkurang. Bentrokan juga mengganggu kerja kelompok kemanusiaan.

Menurut UNICEF, lebih dari 13,6 juta anak sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan di Sudan, naik dari hampir sembilan juta sebelum perang.

Dari data yang diperoleh AP, hingga Senin, setidaknya ada 341 anak di panti asuhan, termasuk 165 bayi antara usia satu dan enam bulan dan 48 mulai dari tujuh hingga 12 bulan. 128 anak yang tersisa berusia antara satu dan 13 tahun.

Di antara mereka yang berada di panti asuhan adalah dua lusin anak yang telah dikirim kembali dari rumah sakit Khartoum setelah pecahnya pertempuran. Rumah sakit, tempat anak-anak menerima perawatan lanjutan, harus ditutup karena kekurangan listrik atau penembakan di dekatnya, kata Heba Abdalla, yang bergabung dengan panti asuhan saat masih anak-anak dan sekarang menjadi perawat di sana.

Juru bicara militer, RSF, kementerian kesehatan dan kementerian pembangunan sosial, yang mengawasi panti asuhan, tidak menjawab permintaan komentar tentang apa yang terjadi di panti asuhan.

Situasinya sangat mengerikan dalam tiga minggu pertama konflik ketika pertempuran paling sengit terjadi. Pada satu titik selama ini, anak-anak dipindahkan ke lantai pertama jauh dari jendela, untuk menghindari terkena tembakan atau pecahan peluru secara acak, kata perawat lain, yang dikenal sebagai Suster Teresa.

“Itu tampak seperti penjara… kami semua seperti tahanan yang bahkan tidak dapat melihat dari jendela. Kami semua terjebak,” katanya.

Selama periode ini, makanan, obat-obatan, susu formula bayi, dan perlengkapan lainnya menipis karena pengasuh tidak bisa keluar dan mencari bantuan, kata Abdalla.

“Pada beberapa hari, kami tidak dapat menemukan apa pun untuk memberi makan mereka,” kata Abdalla.

“Mereka (anak-anak) menangis sepanjang waktu karena lapar,” imbuhnya.



Dikatakan oleh Abdalla, karena fasilitas tersebut tidak dapat diakses, jumlah perawat, pengasuh, dan pengasuh lainnya menurun. Banyak pengasuh adalah pengungsi dari Ethiopia, Eritrea atau Sudan Selatan yang melarikan diri dari pertempuran seperti ratusan ribu lainnya.

“Kami akhirnya memiliki satu atau dua pengasuh yang melayani 20 anak atau lebih, termasuk anak-anak cacat,” kata Moustafa, seorang relawan.

Anak-anak mulai mati. Awalnya, ada antara tiga hingga enam kematian per minggu, kemudian jumlah korban meningkat pesat, kata perawat.

Puncaknya terjadi pada Jumat, dengan 14 kematian, diikuti 12 pada Sabtu.

AP memperoleh 11 akta kematian anak-anak di panti asuhan tersebut, di antaranya delapan bertanggal Minggu dan tiga bertanggal Sabtu. Semua sertifikat mencantumkan kolaps peredaran darah sebagai penyebab kematian, tetapi juga menyebutkan faktor penyebab lainnya seperti demam, dehidrasi, malnutrisi, dan gagal tumbuh.

Bahkan sebelum pertempuran pecah, panti asuhan tersebut kekurangan infrastruktur dan peralatan yang layak, kata Moustafa. Dua puluh hingga 25 anak dijejalkan ke dalam setiap kamar, banyak yang tidur di tanah. Bayi berlipat ganda di boks logam merah muda.

Panti asuhan ini didirikan pada tahun 1961. Meski mendapat dana dari pemerintah, namun sangat bergantung pada sumbangan dan bantuan dari badan amal lokal dan internasional.

Panti asuhan itu menjadi berita utama di masa lalu, terakhir pada Februari 2022 ketika setidaknya 54 anak dilaporkan meninggal dalam waktu kurang dari tiga bulan. Pada saat itu, para aktivis meluncurkan permohonan bantuan online, dan militer mengirimkan bantuan makanan dan bantuan lainnya.

Fasilitas yang dikelola pemerintah berada di gedung tiga lantai dengan taman bermain di daerah Daym di pusat Khartoum. Daerah tersebut telah mengalami beberapa pertempuran paling sengit, dengan peluru dan peluru nyasar mengenai rumah terdekat dan infrastruktur sipil lainnya, menurut pekerja dan fotografer lepas yang bekerja dengan AP yang tinggal di dekat panti asuhan.

Berita kematian tersebut menyebabkan kemarahan publik, dengan para aktivis meminta bantuan untuk anak-anak tersebut.

Nazim Sirag, seorang aktivis yang mengepalai badan amal lokal Hadhreen, telah memimpin upaya untuk menyediakan sukarelawan dan pasokan ke panti asuhan.

Mulai Minggu, makanan, obat-obatan, dan susu formula bayi sampai di fasilitas tersebut, katanya. Badan amal itu juga memperbaiki peralatan, saluran listrik, dan generator cadangan.

Sirag mengatakan situasinya tetap sulit, dan pekerja panti asuhan meminta anak-anak itu dipindahkan dari Khartoum. Jika tidak, kata Abdalla, “Anda tidak tahu apa yang akan terjadi besok.”

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)