Dramatis! Video Tunjukkan Jet Tempur China Berdengung Dekat Pesawat Mata-mata AS

Rabu, 31 Mei 2023 - 23:19 WIB
loading...
A A A
“Kami berharap semua negara di kawasan Indo-Pasifik menggunakan penerbangan internasional. wilayah udara dengan aman dan sesuai dengan hukum internasional,” komando AS menambahkan.

Sementara itu juru bicara kementerian luar negeri China, Mao Ning, mengatakan bahwa AS telah sering mengirim pesawat dan kapal untuk melakukan pengintaian jarak dekat terhadap China, yang secara serius mengancam kedaulatan dan keamanan China.

“Langkah provokatif dan berbahaya seperti itu adalah akar penyebab masalah keamanan maritim,” tambahnya dalam konferensi pers pada hari Rabu.



"AS perlu segera menghentikan tindakan provokasi berbahaya seperti itu," tegasnya.

"AS harus dengan sungguh-sungguh menghormati kedaulatan, keamanan dan kepentingan China, segera memperbaiki praktik yang salah, menunjukkan ketulusan dan menciptakan suasana dan kondisi yang diperlukan untuk dialog dan komunikasi antara militer China dan AS," ujar Mo.

Pada akhir 2022, USINDOPACOM mengatakan bahwa seorang pilot jet tempur J-11 China melakukan manuver tidak aman selama mencegat pesawat RC-135 Angkatan Udara AS pada 21 Desember.

Jet tempur itu terbang di depan dan dalam jarak 20 kaki dari pesawat AS, yang melakukan manuver mengelak untuk menghindari tabrakan, kata militer AS saat itu, membagikan rekaman insiden tersebut.

Pernyataan dan video ini muncul ketika Departemen Pertahanan AS mengatakan pemerintah China telah menolak undangan untuk Menteri Pertahanan China Li Shangfu buat bertemu dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin di Singapura minggu ini.

"Departemen sangat percaya akan pentingnya mempertahankan jalur terbuka komunikasi militer-ke-militer antara Washington dan Beijing untuk memastikan bahwa persaingan tidak mengarah ke konflik," kata Pentagon kepada The Wall Street Journal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)