Dramatis! Video Tunjukkan Jet Tempur China Berdengung Dekat Pesawat Mata-mata AS

Rabu, 31 Mei 2023 - 23:19 WIB
loading...
Dramatis! Video Tunjukkan Jet Tempur China Berdengung Dekat Pesawat Mata-mata AS
Video tunjukkan momen dramatis jet tempur China berdengung dekat pesawat mata-mata AS. Foto/Sputnik
A A A
WASHINGTON - Rekaman dramatis menunjukkan seorang pesawat tempur China melakukan manuver agresif terhadap pesawat pengintai Amerika Serikat (AS) saat ketegangan antara kedua negara meningkat.

Militer AS merilis video momen dramatis tersebut, mengecam pilot pesawat tempur J-16 Angkatan Udara China yang melakukan manuver agresif yang tidak perlu selama pencegatan pesawat RC-135 Angkatan Udara AS pada 26 Mei.

"Pilot terbang tepat di depan hidung pesawat AS, dan memaksa pesawat pengintai untuk terbang melewati turbulensinya," kata Komando Indo-Pasifik AS (USINDOPACOM).

"Insiden itu terjadi di wilayah udara internasional di atas Laut China Selatan," katanya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (31/5/2023).

Ketegangan antara Washington dan Beijing telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, paling tidak karena permusuhan China terhadap Taiwan dan penembakan balon mata-mata China awal tahun ini.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan telah terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan dalam jumlah pencegatan dan konfrontasi udara yang berisiko di laut oleh kapal dan pesawat China, menurut laporan.



Video yang dipublikasikan USINDOPACOM menunjukkan jet tempur J-16 dari dalam kokpit RC-135, dengan pesawat China melintas di depan pesawat pengintai. Kamera kemudian terlihat bergetar saat jet tersebut lewat.

USINDOPACOM mengatakan pesawat AS telah melakukan operasi yang aman dan rutin di atas Laut China Selatan di wilayah udara internasional, sesuai dengan hukum internasional.

“Pasukan Gabungan Indo-Pasifik AS akan terus terbang di wilayah udara internasional dengan memperhatikan keselamatan semua kapal dan pesawat terbang berdasarkan hukum internasional,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)