Perbandingan Kekuatan Militer Afghanistan dan Iran

Senin, 29 Mei 2023 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Data tentang jumlah personel militer Afghanistan sebelum penarikan pasukan dapat ditemukan dalam laporan dari International Institute for Strategic Studies (IISS) yang berjudul "The Military Balance 2021."

3. Peralatan Militer


Afghanistan bergantung pada dukungan dan pasokan peralatan militer dari negara-negara mitra, terutama Amerika Serikat.

Peralatan yang dimiliki meliputi kendaraan tempur ringan, senjata kecil, dan peralatan pertahanan udara.

Namun, tingkat kemampuan operasional dan ketersediaan peralatan ini telah berubah setelah perubahan dinamis dalam situasi negara setelah negara itu direbut Taliban.

Informasi tentang peralatan militer Afghanistan diperoleh melalui berbagai sumber terkait, termasuk laporan dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

Kekuatan Militer Iran


Menurut Global Firepower Index 2021, Iran menempati peringkat ke-14 dari total 140 negara yang dinilai. Peringkat Iran merosot menjadi ke posisi 17 dalam daftar tersebut pada 2023.

Iran memiliki salah satu kekuatan militer terbesar di Timur Tengah. Negara ini memiliki sejarah panjang dalam pengembangan kekuatan militer yang cukup signifikan. Berikut adalah beberapa faktor penting yang mempengaruhi kekuatan militer Iran:

1. Anggaran Pertahanan


Pada tahun 2021, anggaran pertahanan Iran diperkirakan mencapai sekitar USD20 miliar, menjadikannya salah satu anggaran pertahanan terbesar di kawasan tersebut.

Iran secara konsisten mengalokasikan sumber daya yang signifikan untuk pengembangan militer dan modernisasi peralatan.

Data tentang anggaran pertahanan Iran dapat ditemukan dalam laporan dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) yang berjudul "SIPRI Military Expenditure Database" untuk tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)