Perbandingan Kekuatan Militer Afghanistan dan Iran

Senin, 29 Mei 2023 - 16:04 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Afghanistan dan Iran
Para petinggi militer berada di pangkalan rudal bawah tanah Iran. Foto/REUTERS/wana
A A A
KABUL - Dalam konteks keamanan regional, penting untuk memahami perbandingan kekuatan militer antara berbagai negara. Berikut ini perbandingan kekuatan militer Afghanistan dan Iran.

Kekuatan Militer Afghanistan


Menurut Global Firepower Index 2021, Afghanistan menempati peringkat ke-69 dari total 140 negara yang dinilai.

Namun posisi Afghanistan merosot menjadi 114 dari 145 negara dalam daftar Global Firepower Index 2023. Perubahan ini terjadi setelah negara itu direbut oleh Taliban yang kini masih belum banyak diakui secara internasional.

Perbandingan Kekuatan Militer Afghanistan dan Iran

Pejuang Taliban bergembira pada peringatan satu tahun jatuhnya Kabul di jalanan di Kabul, Afghanistan, 15 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Ali Khara

Afghanistan adalah negara yang telah lama mengalami konflik bersenjata dan situasi keamanan yang rumit.

Kekuatan militer Afghanistan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anggaran pertahanan, personel militer, dan peralatan yang tersedia.

1. Anggaran Pertahanan


Pada tahun 2021, anggaran pertahanan Afghanistan diperkirakan mencapai sekitar USD200 juta. Namun, angka ini rentan terhadap fluktuasi dan penyesuaian sesuai dengan situasi politik dan keamanan yang terjadi di negara ini.

Jumlah anggaran pertahanan jelas merosot tajam setelah Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan. Data terbaru pada 2023 belum dapat diperoleh karena Taliban tidak banyak memberikan akses informasi pada publik.

Data tentang anggaran pertahanan Afghanistan dapat ditemukan dalam laporan dari Institute for the Study of War (ISW) yang berjudul "Afghanistan Security Forces: Assessing the Long-Term Capabilities and Sustainability" pada Januari 2021.

2. Personel Militer


Sebelum penarikan pasukan oleh Amerika Serikat pada tahun 2021, Afghanistan memiliki perkiraan 180.000 personel militer aktif. Namun jumlah ini jelas berubah drastis setelah Taliban merebut Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)