5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:32 WIB
loading...
A A A
5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Freeland menghadapi hambatan besar sebagai non-Eropa dari negara yang dianggap lamban dalam pengeluaran pertahanan.

Wakil PM yang juga menjabat menteri keuangan Kanada itu menjadi pembicaraan tentang kemungkinan pengangkatannya ke posisi puncak NATO meningkat.

Setidaknya empat sumber yang berbeda - di Ottawa, Washington dan Brussels, di mana NATO bermarkas - mengatakan nama Freeland telah terombang-ambing selama beberapa bulan di kalangan pertahanan dan keamanan internasional sebagai calon pengganti Stoltenberg , yang telah bekerja sejak 2014.

"Ada beberapa wanita yang sangat berkualitas di luar sana yang akan menjadi kandidat yang sangat baik," kata seorang pejabat tinggi NATO kepada CBC News. "Tampaknya ada momentum bagi perempuan untuk menjadi (sekjen) berikutnya."

Para pemimpin NATO juga berhati-hati tentang peluang Freeland, meskipun dia adalah kandidat yang kuat dan berkualitas. “Memiliki (sekjen) dari Kanada mungkin akan disambut baik dalam hal meningkatkan keterlibatan Kanada dalam aliansi tersebut," kata Chris Skaluba dari Atlantic Council berbasis di Washington. "Dia (Freeland) secara luas dianggap baik di kalangan keamanan Eropa dan trans-Atlantik. Saya pikir itu memberinya kesempatan yang sah,” imbuhnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)