5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:32 WIB
loading...
5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia
NATO akan memiliki pemimpin baru. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Pertarungan untuk memperebutkan posisi Sekjen NATO , aliansi militer paling kuat di dunia, terus menghangat. Itu menyusul Sekjen NATO Jens Stoltenberg akan mundur pada September 2023 setelah sembilan tahun menjabat.

Banyak anggota NATO ingin Sekjen NATO ditetapkan pada atau bahkan sebelum, KTT di Lithuania pada pertengahan Juli 2023. Namun, hal itu sepertinya sulit.

Pasalnya, 31 negara NATO, mulai dari Amerika Serikat (AS) melalui anggota baru Finlandia hingga Turki, banyak waktu untuk menjalin konsensus untuk memilih pemimpin baru. Mereka juga bisa meminta Stoltenberg untuk memperpanjang masa jabatannya untuk keempat kalinya.

Siapa pun mengambil kendali NATO akan menghadapi kritis, yakni mendukung Ukraina sambil menjaga dari setiap eskalasi yang akan menarik NATO langsung ke dalam perang dengan Rusia.

Berikut adalah 5 kandidat Sekjen NATO yang ramai diperbincangkan di antara para diplomat di Barat.



1. Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace

5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Wallace menyatakan dia akan menyukai pekerjaan sebagai Sekjen NATO.

Banyak diplomat melihat Wallace sebagai calon yang tepat untuk pekerjaan itu, meskipun dia dihormati secara luas di seluruh aliansi.

Kenapa Wallace menjadi pilihan tepat?

Jamie Shea, mantan pejabat senior NATO yang bertugas selama 38 tahun, mengatakan para pemimpin Barat akan mencari politisi, komunikator, dan diplomat yang sangat terampil.

"Menjaga kebersamaan, menjaga semua orang tetap bersama, berhubungan dengan semua sekutu untuk memastikan bahwa Anda menangani masalah mereka, itu bagian penting dari pekerjaan Sekjen NATO," kata Shea, yang kini bekerja sama dengan think tank Chatham House . Wallace dinilai sangat tepat untuk memimpin NATO.

2. PM Denmark Mette Frederiksen

5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Meskipun peran yang sangat publik, perebutan Sekjen NATO ini sangat tidak jelas, dimainkan terutama dalam konsultasi antara para pemimpin dan diplomat. Diskusi berlanjut sampai semua anggota NATO setuju bahwa mereka telah mencapai konsensus.

Banyak pemimpin NATO juga yang lebih memilih mantan perdana menteri atau presiden untuk memastikan sekjen memiliki pengaruh politik tingkat atas.

Prancis secara terus terang menginginkan seseorang dari negara Uni Eropa (UE), berharap kerja sama yang lebih erat antara NATO dan UE.

Frederiksen sangat memenuhi semua kriteria tersebut. Meskipun dia mengatakan dia bukan kandidat, dia berhenti mengatakan dia tidak tertarik dengan pekerjaan itu. Diplomat NATO mengatakan bahwa di balik layar dia sedang dipertimbangkan dengan serius.

Nama Frederiksen pertama kali muncul ke publik dalam sebuah laporan oleh media Norwegia VG pada bulan lalu. Selain itu, Gedung Putih mengumumkan Frederiksen akan mengunjungi Presiden AS Joe Biden pada awal Juni. Jabatan Sekjen NATO secara tradisional diberikan kepada orang Eropa, namun setiap kandidat yang serius membutuhkan dukungan dari Washington, kekuatan dominan NATO.

"Saya tidak melamar pekerjaan apa pun," katanya kepada wartawan di Kopenhagen.

Politikus Sosial Demokrat Frederiksen, 45, menjadi perdana menteri termuda Denmark pada 2019. Dia dipuji karena manajemen krisis dalam pandemi COVID-19 dan memenangkan masa jabatan kedua tahun lalu.

Dia harus melepaskan jabatannya sebagai perdana menteri jika dia mendapatkan pekerjaan NATO.

Kampanye untuk Sekjen NATO tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, negaranya jauh dari tujuan NATO menghabiskan 2% dari PDB untuk pertahanan. Denmark berada di 1,38%, meski Frederiksen berjanji akan mempercepat upaya mencapai target.

Beberapa sekutu juga berpendapat pekerjaan itu harus diberikan kepada Eropa Timur untuk pertama kalinya, terutama karena perang Rusia di Ukraina telah menjadikan wilayah itu semakin penting bagi NATO.

Jika Frederiksen mendapatkan pekerjaan itu, dia akan menjadi bos NATO ketiga berturut-turut dari negara Nordik.

Keinginan untuk memilih seorang wanita diperhitungkan terhadapnya dengan beberapa anggota.

Sebuah sumber yang mengetahui pemikiran AS mengatakan bahwa pemerintahan Biden belum memiliki kandidat yang disukai dan "debat yang hidup" di antara para pembantu utama sedang berlangsung.



3. PM Estonia Kaja Kallas

5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Para diplomat mengatakan Kallas dipandang terlalu paling agresif terhadap Rusia bagi beberapa anggota NATO.

Stasiun televisi Jerman, ZDF menganggap, peluang Kaja Kallas sangat kecil, tetapi tidak sepenuhnya dikesampingkan. Menurut ZDF, Kallas menonjol di Brussel dengan pandangan yang jelas tentang Rusia.

Kallas sendiri telah mengatakan kepadaPoliticobahwa karena Estonia telah menjadi anggota UE dan NATO selama 19 tahun. Negara tersebut harus berada di layar radar untuk posisi teratas.

“Tetapi apakah semua orang di NATO menginginkan hawkish seperti Kallas, yang biasanya menemukan kata-kata lebih keras terhadap Rusia daripada yang lain, di kepala mereka? Itu akan menjadi pernyataan yang tidak ingin dikirim semua orang,” demikian laporan ZDF.

4. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memang mencalonkan diri untuk menjadi Sekjen NATO. Dia dikabarkan mendapatkan dukungan sejumlah negara anggota NATO.

The Sun melaporkan dengan mengutip sumber-sumber Inggris, juga mengatakan London kemungkinan akan memveto von der Leyen. Itu disebabkan dia merupakan mantan menteri pertahanan Jerman, mengutip rekam jejaknya yang buruk dalam memimpin Angkatan Bersenjata Jerman.

5. Wakil PM Kanada Chrystia Freeland

5 Kandidat Sekjen NATO, Nomor 4 Paling Anti-Rusia

Foto/Reuters

Freeland menghadapi hambatan besar sebagai non-Eropa dari negara yang dianggap lamban dalam pengeluaran pertahanan.

Wakil PM yang juga menjabat menteri keuangan Kanada itu menjadi pembicaraan tentang kemungkinan pengangkatannya ke posisi puncak NATO meningkat.

Setidaknya empat sumber yang berbeda - di Ottawa, Washington dan Brussels, di mana NATO bermarkas - mengatakan nama Freeland telah terombang-ambing selama beberapa bulan di kalangan pertahanan dan keamanan internasional sebagai calon pengganti Stoltenberg , yang telah bekerja sejak 2014.

"Ada beberapa wanita yang sangat berkualitas di luar sana yang akan menjadi kandidat yang sangat baik," kata seorang pejabat tinggi NATO kepada CBC News. "Tampaknya ada momentum bagi perempuan untuk menjadi (sekjen) berikutnya."

Para pemimpin NATO juga berhati-hati tentang peluang Freeland, meskipun dia adalah kandidat yang kuat dan berkualitas. “Memiliki (sekjen) dari Kanada mungkin akan disambut baik dalam hal meningkatkan keterlibatan Kanada dalam aliansi tersebut," kata Chris Skaluba dari Atlantic Council berbasis di Washington. "Dia (Freeland) secara luas dianggap baik di kalangan keamanan Eropa dan trans-Atlantik. Saya pikir itu memberinya kesempatan yang sah,” imbuhnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)