5 Fakta tentang Kisah Balik Hubungan Diplomatik Arab Saudi dan Kanada

Jum'at, 26 Mei 2023 - 14:20 WIB
loading...
A A A
"Arab Saudi sangat penting di kawasan Timur Tengah. Ini pemain penting," kata Roland Paris, mantan penasihat kebijakan luar negeri Trudeau dan pakar hubungan internasional di Universitas Ottawa. "Masuk akal untuk memiliki duta besar kembali untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka," paparnya.

Kanada akan menunjuk Jean-Philippe Linteau sebagai duta besarnya yang baru di Riyadh. Bahkan, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan pemerintah perlu melakukan percakapan dengan orang-orang yang tidak selalu disetujui dalam segala hal untuk menemukan solusi global untuk masalah global.

Sementara itu, Thomas Juneau, pakar hubungan internasional di Universitas Ottawa, mengatakan pergeseran hubungan bisa jadi karena Arab Saudi mengubah kebijakan luar negerinya. "Jika Anda kembali ke 2018 ketika perselisihan dimulai, itu menjadi tahun di mana kebijakan luar negeri Saudi sangat agresif," katanya.

Juneau mengatakan bahwa Mohammed bin Salman telah mulai mengarahkan kebijakan ekonomi negaranya untuk menarik investasi asing dan pariwisata. "Saya pikir dia mulai memahami dalam beberapa tahun terakhir bahwa sanksi asing bertindak sebagai penghambat investasi asing. Mereka bertindak sebagai penghambat mendatangkan wisatawan," katanya.

5. Mendapat Sambutan Positif

Mantan PM Kanada Stephen Harper juga mengaku senang melihat hubungan kedua negara pulih. "Kerajaan Saudi merupakan mitra regional lama, yang memiliki banyak minat dengan kami," kata Harper.

Sebenarnya, kekhawatiran Ottawa tentang pelanggaran HAM yang masih berlanjut di Saudi, Dennis Horak – mantan duta besar Kanada, yang diusir dari Arab Saudi pada 2018 – menuturkan saat ini sudah saatnya hubungan dipulihkan dengan Saudi.

"Kedua negara menjadi pemain penting dan mereka sulit untuk diabaikan. Saya pikir memiliki hubungan diplomatik penuh dengan mereka memungkinkan suara kami didengar di tingkat menteri, yang penting di Arab Saudi," katanya kepada CBC.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)