5 Fakta tentang Kisah Balik Hubungan Diplomatik Arab Saudi dan Kanada

Jum'at, 26 Mei 2023 - 14:20 WIB
loading...
A A A
2. Skandal Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Diplomasi Ottawa dan Riyadh tetap membeku, terutama setelah tuduhan pada Oktober 2018 setelah jurnalis Jamal Khashoggi dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul.

Kanada termasuk sebagai negara mengecam pembunuhan itu. Kanada menyatakan bahwa pembunuhan yang tidak masuk akal terhadap kebebasan berekspresi. Mereka juga menjatuhkan sanksi terhadap warga negara Saudi yang terkait dengan serangan itu.



3. Membebaskan Aktivis HAM

Dengan pulihnya diplomasi Kanada dan Saudi, maka Ottawa bisa mendesak Riyadh untuk membebaskan para tahanan politik dan HAM.

Putra Raif Badawi, Tirad Badawi, mengatakan kepada CBC News, berharap pemulihan hubungan diplomatik itu memungkinkan Kanada untuk melobi pembebasan ayahnya.

"Tidak normal menahannya di sana penjara Saudi)," kata Tirad. "Kami sangat merindukannya. Saya tidak tahu apakah saya memiliki kata untuk menggambarkan betapa kami merindukannya."

4. Posisi Geopolitik Saudi Menguat

Normalisasi diplomasi Saudi dan Kanada terjadi ketika Mohammed bin Salman berusaha untuk memperkuat kembali Riyadh sebagai kekuatan regional. Saudi juga memanfaatkan posisinya sebagai raksasa energi di mana sebagian dunia dunia yang bergantung pada minyaknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)