Rusia Respons Keras Ancaman Ukraina untuk Bunuh Putin

Jum'at, 26 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
Rusia Respons Keras Ancaman Ukraina untuk Bunuh Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/tass
A A A
MOSKOW - Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov menegaskan kepemimpinan Ukraina sekali lagi menunjukkan sifat "teroris" dengan mengancam akan membunuh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dmitry Peskov memberikan jaminan bahwa pemimpin Rusia dilindungi dengan baik.

“Rezim teroris berbicara tentang aspirasi terorisnya,” tegas Peskov kepada penyiar Rossiya 24 pada Kamis (25/5/2023).

Juru bicara itu mengomentari pengakuan Vadim Skibitsky, wakil kepala Direktorat Utama Intelijen Ukraina (GUR), yang mengatakan kepada outlet Jerman Die Welt pada Rabu bahwa Putin ada dalam daftar pembunuhan agensinya.

Peskov mengatakan pernyataan seperti itu menunjukkan operasi militer, yang diluncurkan Rusia di Ukraina pada Februari 2022, “Lebih dari dibenarkan, lebih dari yang diperlukan dan harus diselesaikan.”



Ketika ditanya apakah detail keamanan presiden Rusia telah ditingkatkan setelah ancaman dari Kiev, Peskov menjawab, "Percayalah, layanan keamanan kami tahu pekerjaan mereka dan tahu apa yang mereka lakukan."

Dalam wawancaranya, Skibitsky mengklaim Putin "memperhatikan bahwa kita semakin dekat dengannya", menunjukkan operasi Ukraina sejauh ini tidak bisa mendapatkannya karena pemimpin Rusia "tetap bersembunyi".

Pejabat intelijen itu juga mengatakan GUR "berusaha membunuh" kepala perusahaan militer swasta Wagner, Evgeny Prighozhin, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu, dan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov.

Pada awal Mei, dua drone kecil dilumpuhkan oleh pertahanan udara, saat mencoba menyerang kediaman Putin di Kremlin, Moskow. Pemimpin Rusia tidak ada di sana pada saat serangan yang gagal itu, dan tidak ada yang terluka.

Meskipun pihak berwenang Ukraina menyangkal keterlibatan apa pun, Moskow menyebut insiden itu sebagai "tindakan teroris yang direncanakan sebelumnya" dan percobaan pembunuhan Putin dilakukan oleh Kiev.

Kremlin bersumpah Rusia akan membalas serangan itu "di mana saja dan kapan saja dianggap perlu", sementara anggota parlemen senior Vyacheslav Volodin menyerukan penggunaan "senjata yang mampu menghentikan dan menghancurkan rezim teroris Kiev."

Rusia menuduh pemerintah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terlibat dalam "taktik teroris" sejak musim gugur lalu, ketika mengatakan Ukraina menargetkan infrastruktur Rusia, termasuk fasilitas nuklir dan Jembatan Crimea yang strategis.

Tuduhan itu diikuti oleh peluncuran kampanye rudal skala besar oleh Rusia ke seluruh Ukraina, yang menyebabkan kerusakan serius pada sistem energi negara itu dan menguras kemampuan pertahanan udara Ukraina.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)