Rusia Pertahankan Kontrol atas Senjata Nuklir yang Ditempatkan di Belarusia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 00:01 WIB
loading...
Rusia Pertahankan Kontrol atas Senjata Nuklir yang Ditempatkan di Belarusia
Sistem rudal Iskander-M ditampilkan dalam acara militer di Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Kontrol atas keputusan untuk menggunakan senjata nuklir yang dikerahkan di Belarusia akan dilakukan oleh Rusia. Pernyataan itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergey Shoigu.

“Saya ingin mencatat bahwa seluruh rangkaian acara diselenggarakan secara ketat sesuai dengan kewajiban internasional yang ada dan tidak melanggar Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT),” ungkap Shoigu.

Dia menegaskan, keputusan Rusia dan Belarusia tentang tindakan pembalasan di bidang militer-nuklir dibuat dalam konteks eskalasi ancaman yang sangat serius di perbatasan barat kedua negara.

"Dalam konteks eskalasi ancaman yang sangat serius di perbatasan barat Rusia dan Belarusia, keputusan telah dibuat tentang tindakan pembalasan di bidang militer-nuklir," papar Shoigu pada pertemuan menteri pertahanan CSTO di Minsk.

Sistem rudal operasional-taktis Iskander-M, yang dapat menggunakan rudal konvensional dan nuklir, telah dialihkan ke militer Belarusia, menurut dia.

"Prajurit Belarusia telah menerima pelatihan yang diperlukan di pusat pelatihan Rusia," ungkap Shoigu.

Menteri Pertahanan Rusia dan Belarusia menandatangani dokumen pada hari sebelumnya tentang mendefinisikan prosedur untuk menemukan fasilitas penyimpanan khusus untuk amunisi nuklir di wilayah Belarusia.



Shoigu menambahkan, negara-negara Barat memaksa otoritas Ukraina menunjukkan keuntungan taktis di medan perang, memompa negara itu dengan senjata senilai lebih dari USD65 miliar.

"Barat memaksa rezim Kiev untuk menunjukkan keuntungan taktis terlepas dari kerugian dan kesiapan untuk berperang 'hingga warga Ukraina terakhir', memompanya dengan senjata. Bantuan militer-teknis ke Kiev telah melebihi USD65 miliar," ujar Shoigu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)