Mengapa AS Hapus Foto Bom Penembus Bunker yang Dirancang untuk Gempur Nuklir Iran?

Rabu, 24 Mei 2023 - 04:56 WIB
loading...
Mengapa AS Hapus Foto Bom Penembus Bunker yang Dirancang untuk Gempur Nuklir Iran?
Foto GBU-57, bom raksasa penembus bunker yang dirancang AS untuk menggempur situs nuklir bawah tanah Iran. Foto ini tiba-tiba dihapus militer AS. Foto/US Air Force
A A A
WASHINGTON - Ketika ketegangan dengan Iran meningkat karena program nuklirnya, militer Amerika Serikat (AS) mem-posting foto-foto bom besar yang dirancang untuk menembus bunker bawah tanah. Namun foto-foto itu tiba-tiba dihapus.

Angkatan Udara AS merilis foto-foto langka dari GBU-57, bos besar yang dikenal sebagai “Massive Ordnance Penetrator", pada 2 Mei 2023. Foto-foto itu sekarang dihapus, diduga karena mengungkapkan detail sensitif tentang komposisi dan kekuatannya.

Publikasi foto-foto itu muncul ketika The Associated Press melaporkan bahwa Iran membuat kemajuan yang mantap dalam membangun fasilitas nuklir yang kemungkinan berada di luar jangkauan GBU-57, yang dianggap sebagai senjata terakhir militer AS untuk menghancurkan bunker bawah tanah.

Apa yang Diketahui tentang Massive Ordnance Penetrator Amerika?


AS mengembangkan Massive Ordnance Penetrator pada tahun 2000-an karena meningkatnya kekhawatiran atas Iran yang mengeraskan situs nuklirnya dengan membangunnya di bawah tanah.



Angkatan Udara Amerika mem-posting foto bom tersebut di halaman Facebook untuk Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri. Pangkalan tersebut adalah rumah bagi armada pesawat pengebom siluman B-2, satu-satunya pesawat yang dapat menyebarkan bom tersebut.

Dalam keterangannya, pangkalan tersebut mengatakan telah menerima dua bom Massive Ordnance Penetrator sehingga satu skuadron amunisi di sana dapat "menguji kinerja mereka".

Ini bukan pertama kalinya Angkatan Udara AS menerbitkan foto dan video bom yang bertepatan dengan meningkatnya perselisihan dengan Teheran atas program nuklirnya.

Pada 2019, militer AS merilis video pesawat pengebom B-2 yang menjatuhkan dua bom.

Angkatan Udara AS sejauh ini tidak menanggapi permintaan komentar tentang mengapa mereka mem-posting—dan kemudian menghapus—kumpulan foto terbaru.


Apa yang Bisa Dipelajari dari Foto Bom Bunker?


Foto terbaru mengungkapkan stensil pada bom yang mencatat beratnya 12.300 kilogram. Itu juga menggambarkan bom tersebut membawa campuran AFX-757—bahan peledak standar—dan PBXN-114, bahan peledak yang relatif baru. Demikian penjelasan Rahul Udoshi, seorang analis senjata senior di Janes—sebuah perusahaan intelijen sumber terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)