Unjuk Kekuatan, Jet Siluman AS Mendarat di Lithuania

Kamis, 28 April 2016 - 16:47 WIB
Unjuk Kekuatan, Jet Siluman AS Mendarat di Lithuania
Unjuk Kekuatan, Jet Siluman AS Mendarat di Lithuania
A A A
SIAULIAI - Dua jet tempur siluman Amerika Serikat, F-22, mendarat di Lithuania sebagai bagian dari pertunjukkan kekuatan. Kemunculan dua jet siluman ini terjadi di tengah ketegangan dengan Moskow pasca insiden di Laut Baltik. Saat itu, pesawat Rusia bermanuver di dekat kapal perang AS.

(Baca juga: Manuver Agresif, Jet Rusia Berada 9 Meter di Atas Kapal Perang AS)

Pesawat paling canggih Angkatan Udara AS ini mendarat di pangkalan udara Siauliai, yang juga menjadi basis jet Spanyol dalam misi patroli NATO. Pangkalan udara ini dibangun untuk membantu negara kecil di Laut Baltik itu melindungi perbatasan mereka dengan Rusia, seperti dikutip dari laman France24, Kamis (28/4/2016).

Menurut Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite, kunjungan singkat pesawat siluman itu dari basis mereka di Inggris menunjukkan komitmen AS untuk mempertahankan wilayah negara itu. Lithuania menaruh sikap waspada terhadap ambisi teritorial Kremlin.

"Ini adalah sinyal bahwa aliansi siap dan mampu untuk menanggapi segala bentuk ancaman," katanya di pangkalan udara.

Saat ditanya apakah itu adalah pesan untuk Rusia, Presiden Grybauskaite menjawab dengan vokal: "Setiap orang harus menjauhkan diri dari menempelkan hidungnya ke hal-hal yang ada di sini."

AS dan Rusia dua kali terlibat insiden di Laut Baltik. Insiden pertama adalah ketika pesawat tempur Rusia bermanuver dalam jarak 9 meter dari kapal perusak AS. Insiden kedua, pesawat pengintai AS dicegat oleh pesawat tempur Rusia yang memicu ketegangan antara kedua negara adikuasa itu.

(Baca juga: Jet Tempur Rusia Pepet Pesawat AS di Langit Baltik)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5977 seconds (0.1#10.140)