Menhan AS Sebut Pasukan Rusia dalam Posisi Siap Menyerang

Minggu, 20 Februari 2022 - 09:37 WIB
loading...
Menhan AS Sebut Pasukan Rusia dalam Posisi Siap Menyerang
Menhan AS sebut pasukan Rusia dalam posisi siap menyerang di tengah ketegangan atas Ukraina. Foto/Ilustrasii/Sindonews
A A A
VILNIUS - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan kepada wartawan di Lithuania bahwa dia setuju dengan Presiden Joe Biden bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat keputusan untuk menyerang Ukraina .

“Selama berbulan-bulan sekarang, Rusia telah membangun kekuatan militernya di dalam dan sekitar Ukraina, termasuk di Belarus. Mereka terlepas dan sekarang siap untuk menyerang,” kata Austin seperti dikutip dari ABC News, Minggu (20/2/2022).

Kendati demikian, Austin mengatakan kepada wartawan bahwa masih ada jalur diplomatik untuk mengakhiri situasi.



“Konflik tidak bisa dihindari, Tuan Putin bisa memilih jalan yang berbeda,” serunya.

"Saya percaya bahwa kita harus terus mencoba sampai menit terakhir sampai tidak mungkin lagi," tambahnya.

“Tapi saya pikir-pikir jika Anda melihat sikapnya hari ini, jelas bahwa dia telah membuat keputusan dan mereka bergerak ke posisi yang tepat untuk dapat melakukan serangan,” ujarnya.



Austin mengatakan Rusia memiliki kemampuan militer di kawasan itu "untuk bergerak kapan saja dia mau."

Seperti yang dia katakan dalam sebuah wawancara eksklusif pada hari Jumat lalu, pasukan itu tidak hanya mencakup pasukan tempur, tetapi juga logistik, penerbangan tempur, rumah sakit lapangan, dan operasi komando dan kontrol.

AS saat ini memiliki 100 tentara di Lituania dan tampaknya topik utama diskusi antara kedua pemimpin itu adalah menyiapkan kehadiran militer Amerika yang permanen di negara Baltik.

Austin mengatakan dia tidak memiliki pengumuman tentang kemungkinan itu tetapi Menteri Pertahanan Nasional Lituania Arvydas Anusauskas mengakui bahwa topik tersebut mengambil porsi yang banyak dalam diskusi mereka.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)