Pertimbangkan Ancaman Rusia, AS Perpanjang Masa Penempatan Batalyon Tank di Lithuania

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:20 WIB
loading...
Pertimbangkan Ancaman Rusia, AS Perpanjang Masa Penempatan Batalyon Tank di Lithuania
Pertimbangkan Ancaman Rusia, AS Perpanjang Masa Penempatan Batalyon Tank di Lithuania. FOTO/Warsaw Institute
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan memperpanjang rotasi batalion tank berat di Lithuania , yang tidak melihat adanya pengurangan ancaman dari Rusia sejak invasi Moskow ke Ukraina, kata pejabat Lithuania, Jumat (14/10/2022).

Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas mengatakan, batalion tersebut, yang ditempatkan di kota Pabrade sejak 2019, akan bertahan setidaknya hingga awal 2026.



Dalam sebuah pernyataan setelah bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Brussel, Anusauskas mengatakan, keputusan itu mengimplementasikan salah satu tujuan paling penting yang diajukan oleh pemerintah yang sedang menjabat: memiliki kehadiran militer AS yang gigih di Lithuania.

Lithuania, bersama dengan negara tetangga Polandia dan sesama negara Baltik Latvia dan Estonia, telah berada di garis depan dukungan ke Ukraina sejak Rusia menyerang pada 24 Februari.

Invasi tersebut memperbaharui ketakutan di negara-negara yang sebelumnya berada di bawah kendali Moskow. Mereka bersorak atas keberhasilan Ukraina baru-baru ini dalam merebut kembali wilayah mereka.

Tetapi, seorang pejabat senior Lithuania mengatakan, pasukan Rusia masih memiliki kapasitas untuk menyerang negara-negara Baltik - semua anggota aliansi NATO, yang katanya tidak memiliki cukup pasukan di daerah itu sebelum perang Ukraina.



"Dalam penilaian kami, mereka tidak melemah sebanyak yang akan mengubah penilaian kami tentang tingkat ancaman terhadap aliansi," kata Kestutis Budrys, Penasihat Keamanan Nasional untuk presiden Lithuania, tentang pasukan Rusia.

Berbicara kepada wartawan di Washington setelah pembicaraan dengan Penasihat Keamanan Nasional Presiden Joe Biden, Jake Sullivan, Budrys mengatakan kemungkinan tetap rendah bahwa Rusia akan menyerang negara-negara NATO.

"Tetapi tindakan yang kami lihat dilakukan di Ukraina dan juga upaya untuk membawa lebih banyak lagi Belarus ke dalam serangan militer aktif terhadap Ukraina seharusnya tidak membuat kami lebih tenang," katanya, seperti dikutip dari Reuters.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)