Kepala Keamanan Rusia: Awan Radioaktif Mengancam Eropa Barat

Sabtu, 20 Mei 2023 - 01:01 WIB
loading...
Kepala Keamanan Rusia: Awan Radioaktif Mengancam Eropa Barat
Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolay Patrushev. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Penghancuran cangkang uranium yang habis (depleted) di Ukraina telah menghasilkan awan radioaktif yang telah ditiup ke Eropa Barat, menurut Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolay Patrushev.

Inggris telah memasok amunisi jenis ini ke Ukraina untuk ditembakkan dari tank Challenger buatan Inggris.

Pejabat senior itu mengungkapkan ancaman yang diklaim selama pertemuan pemerintah pada Jumat (19/5/2023), di mana dia menuduh AS memanipulasi sekutunya untuk memberikan "bantuan" kepada negara lain yang mengakibatkan kerugian yang ditimbulkan kepada penerimanya.

“Mereka 'membantu' Ukraina dengan cara ini juga, memberikan tekanan pada satelitnya untuk memasok amunisi uranium yang habis. Kehancuran mereka mengakibatkan awan radioaktif bergerak menuju Eropa Barat. Mereka telah mendeteksi peningkatan radiasi di Polandia,” ujar Patrushev.

Laporan yang belum dikonfirmasi telah beredar di Ukraina mengenai target serangan Rusia Sabtu lalu, yang menurut Moskow menghancurkan depot amunisi di kota Khmelnitsky.



Menurut klaim, fasilitas militer itu digunakan untuk menyimpan cangkang uranium habis yang disediakan Inggris.

Telah dikemukakan bahwa bahan tersebut mungkin telah berubah menjadi debu akibat ledakan dahsyat di depot tersebut.

Rusia sebelumnya memperingatkan penggunaan amunisi depleted uranium menimbulkan ancaman lingkungan dan kesehatan masyarakat jangka panjang, berdasarkan studi di negara-negara seperti Serbia dan Irak, di mana senjata itu sebelumnya digunakan. London telah menyangkal risiko seperti itu.

Meskipun bersifat radioaktif ringan, depleted uranium terutama dianggap sebagai risiko kesehatan karena bahannya adalah logam berat yang beracun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)