3 Masjid di Dunia dengan Nama Yesus, 2 di Antaranya di Negara Muslim

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Bangunan ibadah umat Islam ini diberi nama Jesus Son of Mary Mosque (Masjid Yesus Putra Maria). Masjid ini berdiri di Kirinyaga West, Kirinyaga County, Kenya.

Cerita berdirinya masjid ini dimulai dari pencarian tanah untuk masjid pada 25 September 1985. Saat itu, sekretaris asosiasi Muslim setempat mengajukan permohonan kepada Komisaris Tanah untuk membangun masjid.

Namun, setelah 12 tahun upaya tidak membuahkan hasil antara asosiasi dan otoritas lokal. Asosiasi tersebut akhirnya meminta bantuan bank untuk menangani masalah tersebut.

Pada tahun 2010, Seventh Day Adventist Church (Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) pindah ke sebidang tanah yang sama dan mengeklaimnya sebagai milik mereka.

Sengketa pun pecah dan pengadilan tanah dan lingkungan setempat akhirnya memberikan hak kepada komunitas Muslim atas tanah tersebut pada Oktober 2020.

Asosiasi Muslim menamai masjid yang direncanakan itu sebagai Masjid Yesus Putra Maria untuk menunjukkan itikad baik kepada komunitas Kristen setempat setelah perselisihan.

Pembangunan masjid akhirnya selesai dan dibuka pada 4 Juli 2021 dalam sebuah upacara yang diresmikan oleh anggota eksekutif Liga Dunia Muslim.

Masjid ini merupakan bangunan satu lantai dengan kapasitas 500 jamaah. Ini juga terdiri dari sebuah madrasah.

Kenya merupakan negara mayoritas Kristen, di mana lebih dari 85 persen populasinya merupakan pemeluk Kristen.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)