3 Masjid di Dunia dengan Nama Yesus, 2 di Antaranya di Negara Muslim

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:24 WIB
loading...
A A A
"Masjid [ini] ingin mengirimkan pesan kebersamaan dan toleransi, terutama setelah ketegangan antara kedua agama atas dua karikatur ofensif Nabi Muhammad," ujarnya, merujuk pada karikatur yang dibuat untuk menghina Nabi Muhammad SAW di negara-negara Barat.

Yordania merupakan salah satu negara Muslim di Timur Tengah dengan sistem pemerintahan monarki atau kerajaan.

2. Masjid Maria Ibu Yesus di Uni Emirat Arab


3 Masjid di Dunia dengan Nama Yesus, 2 di Antaranya di Negara Muslim

Foto/Heshbi

Masjid yang dibangun tahun 1989 di Abu Dhabi, Ibu Kota Uni Emirat Arab (UEA) ini, diberi nama Masjid Maryam Umm Eisa (Mary the Mother of Jesus Mosque) atau Masjid Maria Ibu Yesus.

Masjid ini terletak di Al Mushrif, sebuah lingkungan pusat di kota Abu Dhabi. Awalnya, masjid ini dibangun dengan nama Masjid Mohammed bin Zayed—nama penguasa Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Namun pada 14 Juni 2017, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memutuskan untuk mengganti nama masjid menjadi "Mary, Mother of Jesus Mosque".

Perubahan itu dilakukan sebagai inisiatif untuk mencontohkan nilai-nilai koeksistensi antar-agama di UEA, sekaligus untuk menghormati Maria, bunda Yesus yang merupakan sosok yang dihormati dalam Islam.

Kompleks masjid berada di salah satu sudut yang tidak jauh dari berbagai gereja, di antaranya adalah Katedral St Joseph, Gereja St Anthony dan Gereja St Andrew.

Seperti halnya Yordania, UEA juga merupakan salah satu negara Muslim di Timur Tengah dan tercatat sebagai salah satu negara kaya di Teluk.

3. Masjid Yesus Putra Maria di Kenya


3 Masjid di Dunia dengan Nama Yesus, 2 di Antaranya di Negara Muslim

Foto/tuko.co.ke
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)