Masuk Daftar Hitam PBB, Sosok Ini Ditunjuk Taliban Jadi PM Afghanistan

Kamis, 18 Mei 2023 - 02:15 WIB
loading...
A A A
Dia diberi sanksi oleh PBB pada Januari 2001.

Pemimpin itu sebelumnya menjabat sebagai penjabat perdana menteri di rezim sebelumnya Taliban pada tahun 2001 tak lama sebelum pemerintahan kelompok itu runtuh.



Dia dipromosikan dari menjabat sebagai wakil perdana menteri ke peran teratas dalam rezim yang ada oleh kepala rezim Imarah Islam Mohammed Hibatullah Akhundzada.

Pemimpin tertinggi Taliban, Akhundzada, yang merupakan salah satu teroris paling dicari oleh FBI, telah memerintahkan Kabir untuk mengendalikan urusan sampai kondisi Hassan Akhund lebih baik.

Pemerintah sementara Afghanistan yang semuanya laki-laki ditunjuk oleh Taliban pada Agustus 2021 setelah jatuhnya Kabul mencakup beberapa individu yang menjadi sasaran sanksi PBB.

Penjabat Menteri Dalam Negeri Taliban Serajuddin Haqqani masuk dalam daftar buronan FBI dengan hadiah USD10 juta untuk kepalanya.

Dia adalah kepala kelompok militan Jaringan Haqqani, yang berafiliasi dengan Taliban. Namanya disebut dalam beberapa serangan paling mematikan di negara itu selama perang dengan pasukan internasional pimpinan AS. Dia dilaporkan mengawasi serangan bom bunuh diri menggunakan ambulans berisi bahan peledak di Kabul pada 2017 yang menewaskan 103 orang.

Baca Juga:Taliban Tewaskan Pentolan ISIS yang Jadi Dalang Bom Bunuh Diri Bandara Kabul
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)