10 Bekas Tempat Uji Coba Nuklir di Dunia yang Merusak Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Rabu, 17 Mei 2023 - 23:28 WIB
loading...
A A A
Dampak dari ujicoba nuklir di Pokhran masih terasa hingga saat ini. Wilayah sekitar Pokhran terkontaminasi radiasi dan terdapat laporan tentang peningkatan kasus kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan radiasi pada masyarakat lokal. Selain itu, ujicoba nuklir ini juga berdampak pada lingkungan dan keanekaragaman hayati di wilayah tersebut.

10. Chagai Hills, Pakistan

10 Bekas Tempat Uji Coba Nuklir di Dunia yang Merusak Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Foto: OrangeSmile

Chagai Hills adalah sebuah wilayah gurun di Provinsi Balochistan, Pakistan, yang pernah digunakan oleh pemerintah Pakistan untuk melakukan serangkaian ujicoba nuklir pada tahun 1998.

Ujicoba ini dipandang sebagai respons Pakistan terhadap ujicoba nuklir India di Pokhran pada bulan Mei 1998.

Serangkaian ujicoba nuklir di Chagai Hills terdiri dari enam ledakan nuklir, di mana satu di antaranya adalah uji coba bom nuklir.

Serangkaian ujicoba nuklir ini menyebabkan kerusakan lingkungan dan dampak kesehatan bagi masyarakat lokal di wilayah tersebut.

Uni Soviet melakukan sekitar 224 ujicoba nuklir di sana antara tahun 1955 dan 1990. Saat ini, Novaya Zemlya menjadi wilayah terisolasi dan tidak dihuni.

Itulah 10 tempat ujicoba nuklir di dunia yang pernah digunakan oleh negara-negara untuk menguji senjata nuklir mereka. Ujicoba nuklir ini memberikan dampak lingkungan dan kesehatan jangka panjang yang signifikan pada manusia dan lingkungan di sekitar tempat-tempattersebut.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)