Ibu Kota Sudan Diguncang Serangan Udara dan Tembakan Artileri

Rabu, 17 Mei 2023 - 01:48 WIB
loading...
A A A
PBB mengatakan hampir 200.000 orang telah melarikan diri dari Sudan, dan 700.000 lainnya telah mengungsi secara internal akibat konflik tersebut. Pertempuran tersebut telah memicu kerusuhan di daerah lain di Sudan, terutama di wilayah barat Darfur dan wilayah Kordofan selatan.

Pembicaraan di Jeddah yang ditengahi oleh Arab Saudi dan AS telah menghasilkan pernyataan prinsip tentang penyediaan akses pasokan bantuan dan perlindungan warga sipil, namun mekanisme untuk membangun koridor kemanusiaan dan menyetujui gencatan senjata masih didiskusikan.

Namun pembicaraan itu telah gagal membendung kekerasan, yang sejauh ini telah menewaskan antara 600 dan 1.000 orang, menurut pejabat pemerintah dan petugas medis.

Jumlah korban sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi, dengan banyak laporan tentang mayat yang ditinggalkan di jalanan dan orang-orang berjuang untuk menguburkan yang mati.

Pertempuran antara pasukan yang setia kepada penguasa militer de facto Sudan, Abdel Fattah al-Burhan, dan mantan wakilnya Mohamed Hamdan Dagalo, yang memimpin RSF, dimulai pada 15 April.

Keduanya percaya bahwa mereka dapat memenangkan kemenangan militer yang akan memberi mereka otoritas mutlak atas 46 juta penduduk Sudan, negara bagiannya yang hancur, dan sumber daya alam yang berharga.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)