Perang Kian Sengit, AS Siap Kirim Sistem Rudal Iron Dome Israel ke Ukraina

Selasa, 16 Mei 2023 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Kiev telah memohon kepada Israel untuk mengirim Iron Dome ke Ukraina tahun lalu, di mana para pejabat mengatakan bahwa Ukraina akan siap untuk "membeli" sistem tersebut dan tidak mencari "sumbangan".

Pada awal 2022, menjelang eskalasi di Ukraina, media Israel melaporkan bahwa Tel Aviv menghentikan upaya AS untuk mentransfer baterai Iron Dome ke Ukraina di tengah kekhawatiran tentang bagaimana tanggapan Moskow.

Pertama kali diperkenalkan ke militer Israel pada tahun 2011, Iron Dome telah digunakan secara luas dalam pertempuran Israel melawan milisi Palestina dan Lebanon yang sebagian besar dipersenjatai dengan roket kecil dan drone.

Israel telah menyebut sistem itu sebagai salah satu sistem pertahanan udara terbaik di dunia. Namun, analisis independen tentang rasio tembak-menembaknya telah menimbulkan pertanyaan tentang seberapa efektifnya, dengan satu studi tentang penggunaannya melawan roket Hamas selama konflik Mei 2021 di Gaza mengungkapkan bahwa sistem tersebut sebagian telah kewalahan oleh penembakan roket massal milisi Palestina.

Baterai Iron Dome terdiri dari radar, modul komando dan kontrol, serta tiga peluncur, yang terakhir masing-masing dipersenjatai dengan 20 rudal pencegat Tamir.

Israel memiliki sekitar 12 sistem Iron Dome di gudang senjatanya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)