Israel dan Jihad Islam Sepakati Gencatan Senjata

Minggu, 14 Mei 2023 - 06:45 WIB
loading...
Israel dan Jihad Islam Sepakati Gencatan Senjata
Israel dan Jihad Islam sepakati gencatan senjata untuk mengakhiri pertempuran selama lima hari. Foto/AP
A A A
GAZA - Israel dan kelompok militan Jihad Islam di Jalur Gaza sepakat melakukan gencatan senjata pada Sabtu malam. Kesepakatan yang ditengahi Mesir ini mengakhir pertempuran selama lima hari yang menewaskan 33 warga Palestina, termasuk sedikitnya 13 warga sipil. Dua orang di Israel terbunuh oleh tembakan roket.

Saat pertempuran mereda, jalan-jalan di Gaza yang sebagian besar sepi dipenuhi oleh warga Palestina. Beberapa orang bersorak dan membunyikan klakson mobil sementara yang lain menuju ke rumah orang yang terbunuh dalam pertempuran untuk menunjukkan rasa hormat mereka.

"Sehubungan dengan kesepakatan pihak Palestina dan Israel, Mesir mengumumkan gencatan senjata antara pihak Palestina dan Israel telah tercapai," bunyi teks kesepakatan itu seperti dikutip dari Reuters, Minggu (14/5/2023).

"Kedua belah pihak akan mematuhi gencatan senjata yang mencakup diakhirinya penargetan warga sipil, penghancuran rumah, diakhirinya penargetan individu segera setelah gencatan senjata berlaku," sambung pernyataan itu.

Penasihat keamanan nasional Israel berterima kasih kepada Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi atas upaya Kairo, demikian pernyataan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.



"Tenang akan dibalas dengan tenang dan jika Israel akan diserang atau diancam, Israel akan terus melakukan apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan diri," bunyi pernyataan itu.

Jihad Islam juga mengukuhkan kesepakatan tersebut.

"Kami menyatakan penerimaan kami atas pengumuman Mesir dan kami akan mematuhinya selama pendudukan (Israel) mematuhinya," kata juru bicara kelompok itu, Dawoud Shehab.

Bahkan saat gencatan senjata diselesaikan, kedua belah pihak terus terlibat baku tembak, dengan sirene serangan udara terdengar hingga pinggiran Tel Aviv dan militer Israel mengumumkan telah mencapai target Jihad Islam sebagai tanggapan atas tembakan roket.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)