Afrika Selatan Tepis Tudingan AS Kirim Senjata ke Rusia

Jum'at, 12 Mei 2023 - 19:58 WIB
loading...
A A A


Kehadiran kapal kargo 'Lady R' yang misterius menimbulkan spekulasi yang signifikan ketika berlabuh di pangkalan angkatan laut di Simon's Town dekat Cape Town pada Desember tahun lalu. Kapal kargo secara rutin berlabuh di pelabuhan sipil Cape Town, bukan di pangkalan angkatan laut.

Pemerintah Afrika Selatan mendapat kecaman keras atas sikapnya terhadap invasi Rusia ke Ukraina dan secara rutin abstain dari suara yang mengutuk Rusia di Majelis Umum PBB.

Sementara kepemimpinan Afrika Selatan telah berulang kali menyatakan bahwa mereka netral dalam konflik dan sering menyerukan penyelesaian yang dirundingkan, tindakan mereka semakin mendapat pengawasan dari kekuatan Barat.

Pada bulan Februari tahun ini, Afrika Selatan mengadakan latihan perang angkatan laut di lepas pantainya termasuk militer Rusia dan China.

Akhir tahun ini, Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah KTT BRICS, pengelompokan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Presiden Rusia Vladimir Putin diundang ke pertemuan puncak itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)