Apa Itu Proyek The Line Arab Saudi? Kota Masa Depan Bak Surga di Dunia

Jum'at, 12 Mei 2023 - 14:30 WIB
loading...
Apa Itu Proyek The Line Arab Saudi? Kota Masa Depan Bak Surga di Dunia
Desain Mirror Line, gedung pencakar langit horizontal sepanjang 120 kilometer, diumumkan sebagai ikon di Neom, utara Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - The Line merupakan proyek pengembangan kota masa depan yang sedang digarap pemerintah Arab Saudi. Pembangunan kota ini menjadi proyek andalan kerajaan itu.

Proyek ini diumumkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) pada awal tahun 2021, dan diharapkan menjadi salah satu kota termodern dan terberkelanjutan di dunia.

The Line akan menjadi bagian dari proyek Neom, kota masa depan senilai USD500 miliar yang sedang dibangun di sepanjang pantai Laut Merah Arab Saudi.

Berbeda dengan kota-kota lainnya, The Line dirancang sebagai kota linier, dengan segala bangunan dan fasilitasnya berada dalam satu garis lurus yang panjang.

Proyek ini akan mencakup area seluas 95% dari wilayah Neom, dan akan memiliki panjang sekitar 170 km.

Penduduk The Line diharapkan akan mencapai satu juta jiwa, dengan mayoritas terdiri dari para profesional, pengusaha, dan inovator.



Seluruh aspek kota The Line akan didesain dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan, mulai dari penggunaan energi terbarukan hingga teknologi terdepan yang mampu mengurangi dampak lingkungan.

Proyek ini juga ditujukan sebagai pusat pengembangan teknologi masa depan, dengan memadukan kecerdasan buatan (AI), teknologi blockchain, dan teknologi inovatif lainnya.

The Line akan menyediakan berbagai fasilitas dan layanan terkemuka, seperti transportasi publik yang ramah lingkungan, sistem pendidikan dan kesehatan mutakhir, serta taman-taman hijau yang luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)