Abaikan Peringatan PBB, Iran Hukum Gantung 'Sultan Kokain'

Kamis, 11 Mei 2023 - 01:17 WIB
loading...
Abaikan Peringatan PBB, Iran Hukum Gantung Sultan Kokain
Abaikan peringatan PBB, Iran hukum gantung Sultan Kokain. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Iran telah menggantung tiga tahanan, termasuk seorang pria yang dikenal sebagai "sultan kokain." Eksekusi ini dilakukan di tengah peringatan PBB tentang meningkatnya jumlah eksekusi.

Menurut kantor berita resmi pengadilan Iran mereka yang dieksekusi pada Rabu waktu setempat adalah anggota Panjak, sebuah kelompok yang diidentifikasi sebagai kartel distribusi kokain terbesar di negara tersebut.

Situs berita peradilan Iran, Mizan, melaporkan pemimpin kelompok itu adalah Hossein Panjak (32) dan telah terlibat penyelundupan narkoba selama satu dekade. Ia ditangkap bersama lima anggota lainnya pada tahun 2014 saat menggelar pesta untuk merayakan kekayaannya yang meningkat.

Dikatakan 1kg kokain, opium dan metamfetamin disita dalam penangkapan itu.



Sebuah laporan singkat televisi pemerintah menunjukkan orang-orang itu diborgol dan mengatakan tersangka utama telah ditangkap 17 kali sebelumnya. Pengadilan mengatakan Mahkamah Agung mengkonfirmasi hukuman mati mereka tetapi tidak menguraikan persidangan mereka.

Organisasi hak asasi manusia berbasis asing mengidentifikasi dua pria lainnya yang dieksekusi sebagai Abdolhossein Emami Moghadam dan Babak Aghaei. Mereka mengatakan orang-orang itu digantung di penjara Ghezel Hesar di Karaj meskipun ada permohonan grasi dari anggota keluarga yang berkumpul di depan penjara seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (11/5/2023).

Mereka juga mengatakan empat narapidana yang tidak disebutkan namanya dieksekusi pada Rabu pagi di penjara Rajaei Shahr di Karaj, tetapi pihak berwenang Iran tidak mengkonfirmasi hal ini.

Mizan pada hari Jumat lalu melaporkan bahwa penyelundup narkoba internasional yang tidak disebutkan namanya telah dieksekusi, tetapi tidak jelas apakah itu merujuk pada Panjak. Dikatakan individu tersebut memimpin tiga kelompok internasional yang menyelundupkan narkotika ke beberapa negara Eropa, termasuk Belanda, dan pihak berwenang menyita 750kg heroin darinya.

Eksekusi pada hari Rabu terjadi sehari setelah kepala hak asasi manusia PBB, Volker Turk, mengatakan Iran memiliki rekam jejak eksekusi yang “mengerikan” tahun ini dengan rata-rata lebih dari 10 orang digantung setiap minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)