Jurnalis Prancis Tewas dalam Serangan Roket di Bakhmut

Kamis, 11 Mei 2023 - 00:29 WIB
loading...
Jurnalis Prancis Tewas dalam Serangan Roket di Bakhmut
Jurnalir Prancis, Arman Soldin, tewas dalam serangan roket di Chasiv Yar, dekat kota Bakhmut, Ukraina timur. Foto/Politico
A A A
KIEV - Seorang wartawan Prancis yang bekerja untuk kantor berita AFP, Arman Soldin, tewas dalam serangan roket di Chasiv Yar, dekat kota Bakhmut, Ukraina timur.

AFP mengatakan Soldin sedang bersama tim jurnalis AFP yang bepergian dengan tentara Ukraina ketika kelompok itu mendapat serangan roket sekitar pukul 16:30 waktu setempat pada hari Selasa.

Tim berlindung tetapi Soldin yang berusia 32 tahun tewas ketika sebuah roket menghantam di dekat tempatnya berbaring.

"Seluruh agensi hancur karena kehilangan Arman," kata ketua AFP Fabrice Fries.

“Kematiannya adalah pengingat yang mengerikan akan risiko dan bahaya yang dihadapi oleh jurnalis setiap hari yang meliput konflik di Ukraina,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (11/5/2023).

Anggota tim agensi lainnya tidak terluka.

Chasiv Yar terletak dekat dengan Bakhmut, yang telah coba direbut oleh pasukan Rusia selama sembilan bulan, memandangnya sebagai batu loncatan ke bagian lain Ukraina timur.



Dikatakan oleh AFP, Soldin lahir di Sarajevo, sekarang ibu kota Bosnia dan Herzegovina, dan merupakan warga negara Prancis. Dia bergabung dengan agensi tersebut sebagai pekerja magang di Roma pada tahun 2015 sebelum dipekerjakan di London. Dia tiba di Ukraina untuk meliput perang sehari setelah Rusia memulai invasi besar-besaran.

Soldin, yang memimpin pelaporan video badan tersebut di Ukraina, telah melakukan perjalanan secara teratur ke garis depan dalam beberapa bulan terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)