Ini Daftar Negara Yang Merayakan Victory Day, Bukan hanya Eropa

Kamis, 11 Mei 2023 - 09:56 WIB
loading...
A A A
Di Ukraina, Victory Day diperingati pada 8 Mei, karena adanya perubahan yang dilakukan Presiden Volodymyr Zelensky. "Bersama dengan semua negara-negara Eropa, kita merayakan Hari Eropa pada 9 Mei di Ukraina," katanya dilansir DW. Dia menambahkan, itu akan menjadi Eropa bersatu dan mewujudkan perdamaian.

3. INDIA

India merayakan Victory Day setiap tanggal 26 Juli. Itu bertepatan untuk mengenang kemenangan Pakistan dalam Perang Kargil melawan militer Pakistan di Ladakh, pada 1999. Peringatan itu sebenarnya bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang wafat dalam Perang Kargil. Baik Pakistan dan India hingga kini masih berstatus siaga terhadap konflik perbatasan. Ketegangan kedua negara dimulai sejak 1971 hingga kini.

4. TURKI

Ini Daftar Negara Yang Merayakan Victory Day, Bukan hanya Eropa

Foto/ Reuters

Victory Day di Turki dirayakan setiap 30 Agustus dan menjadi hari libur nasional. Itu berkaitan langsung dengan kemenangan Turki dalam Perang Dumlupinar pada 1922 setelah mengalahkan Yunani. Tanggal tersebut menjadi hari penting sejak 1926. Saat Victory Day, Turki biasanya akan melakukan wisuda para calon perwira di sekolah militer. Pertunjukan dan atraksi pesawat tempur juga ikut memeriahkan parade militer.

6. CHINA

China merayakan victory day karena mampu mengalahkan Jepang pada Perang Dunia II. 2 September merupakan tanggal peringatan Victory Day di saat Jepang menyatakan menyerah setelah dibom atom oleh Amerika Serikat. Tanggal tersebut dirayakan sebagai bentuk kemenangan terhadap perlawanan terhadap Jepang.

Baca Juga: Wakili RI, Prabowo Jadi Tamu Kehormatan di 'Victory Day' Rusia

7. BANGLADESH


Victory Day di Bangladesh diperingati setiap 16 Desember. Itu untuk mengenang kekalahan Pasukan Pakistan dalam Perang Pembebasan Bangladesh pada 1971. Itu juga menjadi awal berdirinya negara Bangladesh. Peringatan itu dilaksanakan sejak 1972 dengan berbagai parade militer dan festival budaya.

8. KOREA UTARA
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)