Ini Daftar Negara Yang Merayakan Victory Day, Bukan hanya Eropa

Kamis, 11 Mei 2023 - 09:56 WIB
loading...
Ini Daftar Negara Yang Merayakan Victory Day, Bukan hanya Eropa
Parade tank militer Rusia saat memperingati Victory Day. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Victory Day atau Hari Kemenangan bukan hanya sekadar perayaan biasa, tetapi itu menunjukkan upaya suatu negara memamerkan teknologi militernya. Perayaan hari tersebut umumnya dilaksanakan di banyak negara.

Di Eropa , perayaan Victory Day kerap diasosiasikan dengan kemenangan terhadap Nazi. Saat ini, peringatan tersebut menjadi hal signifikan karena berkaitan langsung dengan perang Ukraina melawan Rusia. Namun, banyak negara di Asia juga memperingati Victory Day sesuai dengan sejarah mereka sendiri.

Berikut daftar negara-negara yang memperingati Victory Day.



1. RUSIA

Ini Daftar Negara Yang Merayakan Victory Day, Bukan hanya Eropa

Foto/Reuters

Moskow merayakan Victory Day setiap 9 Mei atau sehari setelah negara-negara Eropa merayakannya. Itu menjadi momen penting
bagi Rusia untuk menunjukkan kepada dunia tentang kekuatan militer mereka. Rusia memamerkan sistem pertahanan udara S-400 dan berbagai tank modern.

Michael Clarke, pakar militer dari King's College, London, mengungkapkan, tidak ada teknologi militer baru yang dipamerkan Rusia kepada dunia pada parade Victory Day. "Kekhawatiran justru dialami warga Rusia yang harus kehilangan saudara mereka dalam perang di Ukraina," kata Giles.

2. EROPA

Berbeda dengan Rusia, negara-negara Eropa umumnya merayakan Victory Day setiap 8 Mei. Itu berkaitan dengan dengan pasukan sekutu yang mampu mengalahkan Nazi Jerman. Di Prancis, perayaan tersebut masuk kategori libur nasional. Selain itu, Denmark dan Belanda merayakan Victory Day pada 5 Mei. Kalau Norwegia merayakannya dengan versi Hari Pembebasan pada 8 Mei. Sedangkan di Inggris, Victory Day tidak masuk ke dalam libur nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)