7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia

Minggu, 26 Juli 2020 - 11:53 WIB
loading...
A A A
3. Jatuhnya Konstantinopel (1453)

7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia


Peristiwa ini terjadi setelah pengepungan 53 hari oleh Sultan Mehmed II dari Ottoman yang masih berusia 21 tahun. Konstantinopel bukanlah sembarang kota.

Konstantinopel adalah kota terkemuka di dunia dan telah menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Timur selama enam belas abad. Jatuhnya kota ini dianggap sebagai anugerah besar bagi Islam dan menjadi pukulan telak bagi Kristen. (Baca juga: Armada Laut Utsmani Kian Perkasa Setelah Taklukkan Konstantinopel)

4. Revolusi Medis (Abad 19-20 M)

7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia


Beberapa abad yang lalu masih banyak anggapan bahwa penyakit disebabkan oleh roh jahat atau sebagai hukuman Tuhan bagi orang yang berdosa. Hasil kerja ilmuwan Louis Pasteur tentang bakteri penyebab penyakit berhasil menyembuhkan banyak penyakit menular pada abad ke-19. (Lihat grafis: WHO Setop Uji Coba Obat Malaria dan HIV untuk Pengobatan Covid-19)

Penemuan vaksin berhasil menyembuhkan penyakit mengerikan seperti cacar, dan juga mengimunisasi anak-anak dari polio dan rabies. Setelahnya, Alexander Fleming menemukan Penicillin sebagai antibiotik pertama pada 1928, yang terbukti efektif melawan banyak infeksi bakteri yang mematikan. Perkembangan ini, bersama dengan kemajuan dalam teknologi, kimia, dan biologi, melahirkan era kedokteran modern.

5. Revolusi Industri dan Teknologi (1760-1914)

7 Peristiwa Besar yang Memengaruhi Peradaban Dunia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)