Dua Ratus Anggota Kelompok Radikal Mali Menyerah

Selasa, 08 Maret 2016 - 22:44 WIB
Dua Ratus Anggota Kelompok Radikal Mali Menyerah
Dua Ratus Anggota Kelompok Radikal Mali Menyerah
A A A
MOPTI - Setidaknya 200 pemuda anggota kelompok radikal Mali siap untuk meletakkan senjata. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari pemerintahan baru dan program deradikalisasi masyarakat sipil.

Para pemuda itu adalah anggota kelompok radikal Front Pembebasan Macina. Mereka berusia antara 16 dan 30 tahun, yang kerap melakukan serangan di wilayah Mopti sepanjang lalu.

"Selama beberapa pekan terakhir, kami telah melakukan pembicaraan dan melakukan kampanye untuk menyadarkan para pemuda yang telah bergabung dengan kelompok bersenjata radikal di pusat Mali," kata mantan walikota Mopti, Hama Cisse, dikutip dari Midle East Online, Selasa (8/3/2016).

"Dua ratus dari mereka setuju untuk meletakkan senjata mereka dan meninggalkan jajaran jihadis. Saat ini mereka masih berada di wilayah Mopti untuk meyakinkan rekan-rekan mereka untuk menyerahkan senjata mereka," tambah Cisse.

Mopti berbatasan dengan wilayah utara Mali yang dikuasai oleh kelompok-kelompok ekstremis Al-Qaeda dan pemberontak yang dipimpin Tuareg pada tahun 2012.

Mali, Perancis dan pasukan PBB tengah berusaha untuk menjaga ketertiban di negara itu. Sejumlah kelompok ekstrimis masih kerap melakukan aksi teror setelah digulingkan dari kota-kota kunci di utara setelah intervensi yang dipimpin oleh Perancis pada tahun 2013.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3167 seconds (0.1#10.140)