Heboh, Lukisan Yesus Dikelilingi Gay Budak Sadomasokis Dipajang di Parlemen Eropa

Senin, 08 Mei 2023 - 08:28 WIB
loading...
Heboh, Lukisan Yesus Dikelilingi Gay Budak Sadomasokis Dipajang di Parlemen Eropa
Lukisan yang menggambarkan Yesus dikelilingi pria gay budak sadomasokis dipajang di gedung Parlemen Uni Eropa. Lukisan ini memicu kemarahan para politisi Eropa. Foto/Twitter @wallstwolverine
A A A
BRUSSELS - Sebuah lukisan yang memperlihatkan Yesus Kristus khotbah di atas bukit dikelilingi para pria gay budak sadomasokis di pajang di gedung Parlemen Uni Eropa di Brussels. Karya seni itu memicu kemarahan para politisi kubu konservatif, yang menganggapnya sebagai penistaan agama.

Lukisan itu merupakan bagian dari pameran fotografi oleh seniman lesbian Swedia, Elisabeth Ohlson, yang berlangsung di bagian terbatas gedung Parlemen Uni Eropa dari tanggal 2 hingga 5 Mei 2023.

Menurut Ohlson, lukisannya merupakan upaya untuk menampilkan Yesus sebagai pendukung hak-hak lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer (LGBTQ).

"Ada banyak gambar Yesus dengan [orang] heteroseksual," katanya dalam video Twitter sebagai tanggapan atas reaksi kemarahan para politisi.



"Jutaan, miliaran lukisan, artis terkenal. Tapi ini hanya 12 gambar Yesus yang mencintai hak LGBT, jadi 12 gambar seharusnya tidak terlalu menakutkan bagi mereka," paparnya.

Sepotong karya Ohlson lainnya yang ditampilkan dalam pameran tersebut menggambarkan seorang pria kulit hitam telanjang dalam posisi Kristus di kayu salib sementara seorang pria kulit putih telanjang menggendongnya.

Pameran seni tersebut dipromosikan oleh Anggota Parlemen Uni Eropa dari Swedia Malin Björk, anggota Partai Kiri negara tersebut.

"Seni tersebut menunjukkan bahwa masyarakat kita telah berkembang dalam 25 tahun terakhir terkait hak-hak LGBT," katanya selama peresmian pameran seni, seperti diberitakan Evangelical Focus.

Karya seni tersebut sebelumnya telah ditolak untuk ditampilkan di Parlemen Uni Eropa pada awal tahun 2000-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)