Vietnam Laporkan Suhu Tertinggi, Tembus 44 Derajat Celicus

Minggu, 07 Mei 2023 - 22:00 WIB
loading...
Vietnam Laporkan Suhu Tertinggi, Tembus 44 Derajat Celicus
Vietnam Laporkan Suhu Tertinggi, Tembus 44 Derajat Celicus. FOTO/Vn Express
A A A
HANOI - Vietnam melaporkan rekor suhu tertinggi di negara tersebut. Para pakar iklim memperingatkan peristiwa cuaca ekstrem seperti itu akan terus berlanjut.

Ilmuwan negara itu telah memperingatkan bahwa pemanasan global memperburuk cuaca di negara itu pada bulan April, ketika negara-negara tetangga juga mencatat rekor suhu.



“Suhu 44,1 derajat Celcius diukur di Vietnam pada Sabtu (6/5/2023),” sebut pernyataan Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional. Angka ini memecahkan rekor pada 2019, ketika suhu di Vietnam mencapai 43,4 derajat Celcius.

Petani Nguyen Thi Lan mengatakan kepada AFP, bahwa suhu di pusat kota Danang semakin panas. Kondisi ini memaksa para pekerja untuk memulai lebih awal dari sebelumnya. "Kami harus selesai sebelum jam 10 pagi untuk menghindari panas," katanya.

Lan mengatakan, peramal cuaca mengatakan, suhu telah meningkat hingga hampir 40 derajat Celcius. "Tapi saat makan siang, saya pikir itu jauh lebih panas," lanjutnya.

Rekor suhu 44,1 derajat Celcius terjadi di dalam ruangan di stasiun Hoi Xuan di provinsi Thanh Hoa utara. Ini melampaui suhu tertinggi sebelumnya yaitu 43,4 derajat Celcius, tercatat pada April 2019 di Distrik Huong Khe di Provinsi Ha Tinh tengah.



"Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global," kata ahli perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy kepada AFP dari ibu kota Hanoi.

"Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali. Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar," ujarnya.

Di seluruh negeri, pakar cuaca dan pihak berwenang telah memperingatkan penduduk untuk tetap berada di dalam rumah selama hari-hari terpanas.

Danang telah meminta kementerian perindustrian dan kelistrikan Vietnam untuk "bekerja sama untuk mengatasi panas secara efektif, kemungkinan kekeringan, kekurangan air", menurut media pemerintah.

Para pejabat juga mengatakan kepada perusahaan penyedia air kota untuk memastikan bahwa ada "persediaan air untuk keperluan rumah tangga" yang memadai.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)