Cuaca Panas Sulut Kebakaran Hutan, 13.000 Warga Kanada Dievakuasi

Sabtu, 06 Mei 2023 - 07:22 WIB
loading...
Cuaca Panas Sulut Kebakaran Hutan, 13.000 Warga Kanada Dievakuasi
Cuaca panas sulut kebakaran hutan, 13.000 warga Kanada dievakuasi. Foto/The Guardian
A A A
OTTAWA - Rekor cuaca panas selama seminggu di Kanada barat telah menyulut 78 kebakaran hutan , memaksa lebih dari 13.000 penduduk di provinsi Alberta dievakuasi.

Dan berita itu bisa menjadi lebih buruk karena provinsi itu mudah terbakar, kata manajer Alberta Wildfire Information Christie Tucker.

"Kami memperkirakan cuaca sangat hangat dan angin sangat kencang, terutama di bagian utara provinsi itu," kata Tucker pada konferensi pers.

"Ini tidak bagus untuk aktivitas kebakaran hutan yang cenderung menyebabkan kebakaran hutan yang sangat aktif dan orang-orang kita di lapangan harus sangat berhati-hati dengan keselamatan mereka sendiri dan tentu saja keselamatan komunitas yang mereka lindungi," imbuhunya seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (6/5/2023).



Sekitar 80 petugas pemadam kebakaran dijadwalkan tiba pada Sabtu ini waktu setempat dari Ontario dan Quebec untuk membantu memadamkan api, 19 di antaranya tidak terkendali.

Menurut Tucker, ada 348 kebakaran hutan di Alberta tahun ini dan lebih dari 25.000 hektar terbakar.

“Ini adalah aktivitas kebakaran yang jauh lebih banyak untuk tahun ini daripada yang pernah kita lihat di masa lalu,” ucapnya.



“Ini akan menjadi lebih panas, akan menjadi lebih berangin dan kami memperkirakan beberapa perilaku kebakaran yang ekstrim. Petugas pemadam kebakaran siap hari ini untuk apa yang bisa menjadi hari yang sangat menantang,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)