Raja Charles III dan Ratu Camilla Dimahkotai dalam Upacara Bersejarah Inggris

Sabtu, 06 Mei 2023 - 21:16 WIB
loading...
Raja Charles III dan Ratu Camilla Dimahkotai dalam Upacara Bersejarah Inggris
Raja Charles III resmi dimahkotai dalam upacara penobatan terbesar dan bersejarah di Inggris. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Raja Charles III dimahkotai pada hari Sabtu (6/5/2023) dalam acara seremonial terbesar Inggris selama tujuh dekade, pertunjukan arak-arakan yang mewah sejak 1.000 tahun yang lalu.

Di depan jemaat yang terdiri dari sekitar 100 pemimpin dunia dan jutaan pemirsa televisi, Uskup Agung Canterbury, pemimpin spiritual Gereja Anglikan, perlahan-lahan meletakkan Mahkota St Edward yang berusia 360 tahun di atas kepala Charles saat dia duduk di atas sebuah takhta abad ke-14 di Westminster Abbey.

Hormat senjata ditembakkan ke Menara London dan melintasi ibu kota, negara, di Gibraltar, Bermuda, dan di kapal di laut.

“Tuhan selamatkan Raja Charles. Hidup Raja Charles. Semoga raja hidup selamanya,” kata para jemaat di biara setelah kemeriahan terompet, seperti dikutip dari Reuters.

Selama kebaktian dua jam yang bersejarah dan khusyuk, yang dimulai pada masa William Sang Penakluk pada tahun 1066, istri kedua Charles, Camilla, juga dinobatkan sebagai ratu.



Meskipun berakar pada sejarah, upacara tersebut—yang disiarkan televisi untuk kedua kalinya—juga merupakan upaya untuk menghadirkan monarki berwawasan ke depan, dengan mereka yang terlibat mencerminkan negara yang lebih beragam dan semua agamanya.

Dengan bangsa berjuang untuk menemukan jalannya dalam pusaran politik setelah keluar dari Uni Eropa dan mempertahankan posisinya dalam tatanan dunia baru, pendukung monarki mengatakan keluarga kerajaan memberikan undian internasional, alat diplomatik penting dan sarana menjaga Inggris di panggung dunia.

“Tidak ada negara lain yang dapat menampilkan pertunjukan yang begitu mempesona—prosesi, arak-arakan, upacara, dan pesta jalanan,” kata Perdana Menteri Rishi Sunak.

Terlepas dari antusiasme Sunak, penobatan berlangsung di tengah krisis biaya hidup dan skeptisisme publik, terutama di kalangan anak muda, tentang peran dan relevansi monarki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)